Kesehatan Anak

Masih bisa dicegah, 4 penyebab stunting ini perlu Anda waspadai

Selasa, 17 November 2020 | 08:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Masih bisa dicegah, 4 penyebab stunting ini perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Salah satu penyebab stunting adalah kebutuhan gizi anak yang tak terpenuhi dengan baik. WARTA KOTA/NUR ICHSAN


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masalah yang perlu diperhatikan orangtua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya adalah stunting. Penyebab stunting perlu Anda perhatikan agar pertumbuhan tubuh dan otak anak tak mengalami gangguan.

Mengutip dari Lybrate (lybrate.com), stunting bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya malnutrisi, infeksi, dan lain-lain. Malnutrisi sudah bisa terjadi saat anak masih berbentuk fetus dalam kandungan ibu. Jika nutrisi ibu tak terpenuhi, ada beberapa resiko yang bisa terjadi.

Pertama, kematian prematur bisa terjadi. Kedua, pertumbuhan dan perkembangan mental anak bisa terganggu. Ketiga, stunting bisa dialami oleh keturunan selanjutnya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memerhatikan penyebab stunting berikut ini.

Ibu Hamil Mengalami Malnutrisi

Seperti yang sudah dikatakan, stunting sudah bisa berkembang sejak bayi masih dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi agar pertumbuhan dan perkembangan janin tak terganggu.

Baca Juga: Stunting berpotensi merugikan negara, ini yang dilakukan pemerintah

Setelah melahirkan, seorang ibu tetap harus menjaga asupan gizinya. Apalagi jika bayi yang dilahirkan masih membutuhkan ASI. Mengonsumsi ASI yang penuh nutrisi dapat mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Meski sudah tak mengonsumsi ASI, kebutuhan gizi dan nutrisi anak-anak tetap perlu diperhatikan oleh orangtua. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak. Orangtua bisa menambah pengetahuan tentang gizi yang dibutuhkan anak dari berbagai macam sumber literasi.

Kebersihan

Lybrate mengatakan bahwa kebersihan rumah jadi salah satu faktor yang mampu menyebabkan stunting. Kebersihan rumah yang tak terjaga berkaitan dengan nafsu makan yang rendah. Hal itu menyebabkan anak lebih mudah terserang diare dan penyakit lain sehingga pertumbuhannya terganggu.

Baca Juga: Pencegahan stunting jadi prioritas nasional

Ibu yang Mengonsumsi Obat-Obatan Ilegal

Penyebab stunting lainnya yang perlu diwaspadai adalah obat-obatan ilegal yang dikonsumsi ibu dalam jangka waktu yang lama. Faktor itu berpengaruh terhadap pertumbuhan anak-anak. Selain obat-obatan ilegal, alkohol dan kebiasaan merokok juga memiliki pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber Makanan yang Tak Memadai

Penyebab stunting, yaitu malnutrisi, bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Seperti yang telah dikatakan, malnutrisi merupakan penyebab stunting yang perlu dihindari. Anak bisa mengalami stunting saat sumber makanannya tak memadai, kekurangan nutrisi penting, dan asupan kalori yang kurang. Anda bisa memberi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Selanjutnya: Kandungan gizinya lengkap, masyarakat diajak tingkatkan konsumsi ikan saat pandemi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru