Manfaat Puasa, Terbukti Bisa Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Selasa, 05 April 2022 | 13:46 WIB Sumber: Healthline,Healthline
Manfaat Puasa, Terbukti Bisa Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Manfaat puasa, terbukti bisa menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Puasa terbukti membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, puasa juga bisa membantu mengontrol dan menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

Mengutip Healthline, puasa terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan, fungsi otak yang lebih baik, hingga membantu menurunkan gula darah.

Beberapa penelitian menemukan, puasa bisa meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes.

Fakta lainnya, satu penelitian terhadap 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan, puasa secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Cocok buat Penderita Diabetes

Sementara penelitian lain memperlihatkan, puasa sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin

Penurunan resistensi insulin bisa meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Ini memungkinkan untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel-sel Anda lebih efisien.

Ditambah dengan potensi efek penurunan gula darah dari puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah.

Hanya, perlu dicatat, beberapa penelitian menemukan, puasa dapat memengaruhi kadar gula darah secara berbeda untuk pria dan wanita.

Misalnya, satu penelitian kecil selama tiga minggu menunjukkan, puasa mengganggu kontrol gula darah pada wanita, tetapi tidak berpengaruh pada pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru