kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Jamu Kunyit, Salah Satu Warisan Budaya yang Diakui Unesco


Minggu, 10 Desember 2023 / 05:20 WIB
Manfaat Jamu Kunyit, Salah Satu Warisan Budaya yang Diakui Unesco
ILUSTRASI. Manfaat Jamu Kunyit, Salah Satu Warisan Dunia yang Diakui Unesco


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Jamu - Jakarta. Simak manfaat minum jamu kunyit untuk kesehatan. Jamu kunyit adalah salah satu jamu yang banyak diminum masyarakat Indonesia. Di sisi lain, UNESCO telah mengakui minum jamu adalah warisan budaya.

Salah satu jamu yang sering dikonsumsi masyarakat adalah jamu kunyit. Lalu, apa manfaat jamu kunyit?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kunyit mengandung kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.

Dengan kandungan tersebut, kunyit telah lama digunakan sebagai jamu atau obat tradisional. Berikut manfaat jamu kunyit:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jamu kunyit yang pertama adalah meningkatkan daya tahan. Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Mengobati Radang

Manfaat jamu kunyit yang kedua adalah mengobati radang. Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten.

3. Mengurangi Rasa Mual

Manfaat jamu kunyit yang ketiga adalah mengurangi rasa mual. Kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega
sehingga mengurangi rasa mual.

4. Mengatasi Perut yang Kembung

Manfaat jamu kunyit yang keempat adalah mengatasi perut kembung. Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat jamu kunyit yang kelima adalah mengurangi nyeri haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim. Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

6. Mengobati Metastasis Kanker

Manfaat jamu kunyit yang keenam adalah mengobati kanker. Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker, Anda dapat gunakan kunyit putih. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat Alergi

Manfaat jamu kunyit yang ketujuh adalah mengobati alergi. Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

8. Menangkal Bakteri

Manfaat jamu kunyit yang kedelapan adalah menangkal bakteri. Bagi Anda yang sedang merasa sakit perut, anda dapat minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

9. Mengobati Maag

Manfaat jamu kunyit yang kesembilan adalah mengobati maaf. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuh gejala maag.
Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

10. Meredakan Peradangan Usus

Manfaat jamu kunyit yang ke-10 adalah meredakan peradangan usus. Peradangan usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika peradangan usus didiamkan akan membuat kontraksi usus yang mengakibatkan
diare kronis.

Dengan mengkonsumsi kunyit, dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Manfaat kunyit ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

11. Melawan Infeksi

Manfaat jamu kunyit yang ke-11 adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

12. Merawat Organ Hati

Manfaat jamu kunyit yang ke-12 adalah merawat organ hati. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat.

Ada baiknya anda selalu sedia kunyit di rumah sebagai bentuk antisipasi dan cara awal untuk mengatasi penyakit. Bisa juga anda membeli jamu dengan kandungan kunyit di dalamnya agar tidak perlu repot lagi memasak kunyit.

Jamu warisan budaya

Budaya sehat jamu (Jamu Wellnes Culture) resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO pada Rabu (6/12/2023). Penetapan budaya sehat jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO diresmikan dalam sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage pada pukul 16.30 WIB di Kasane, Republik Botswana.

Jamu menjadi benda ke-13 dari Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO. Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mencatatkan 12 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO, yakni:

  1. Wayang (2008)
  2. Keris (2008)
  3. Batik (2009)
  4. Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009)
  5. Angklung (2010)
  6. Tari Saman (2011)
  7. Noken (2012)
  8. Tiga Genre Tari Bali (2015)
  9. Kapal Pinisi (2017)
  10. Tradisi Pencak Silat (2019)
  11. Pantun (2020)
  12. Gamelan (2021)

Dalam keterangan resmi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga atas diakuinya Budaya Sehat Jamu oleh UNESCO.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global,” kata Mendikbudristek.

Lebih lanjut disampaikan oleh Mendikbudristek, "Sebagai salah satu warisan budaya kita, jamu mewakili hubungan yang mendalam, bermakna, dan harmonis antara manusia dengan alam. Jamu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad.”

Menteri Nadiem menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap upaya pelestarian jamu sebagai budaya untuk kesehatan yang dilakukan berbagai pihak sejak lama. "Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini," tuturnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menjelaskan bahwa jamu adalah ramuan obat tradisional asli Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami untuk pencegahan, pengobatan, pemulihan, dan pemeliharaan kesehatan dan kecantikan. Jamu merupakan salah satu warisan ilmu pengetahuan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah disebutkan dalam relief, primbon, prasasti, dan kitab-kitab lama Nusantara.

"Kita pernah mengalami momen ketika kehidupan seperti berada pada titik terendah ketika pandemi melanda. Tapi ternyata, produk kebudayaan bernama jamu ini menjadi salah satu resep yang menyembuhkan, menguatkan, dan menyatukan kita," jelas Hilmar Farid. Selanjutnya, tambah Hilmar, pelestarian jamu membutuhkan optimalisasi keterlibatan bersama dan masyarakat dalam pengelolaan kolektif yang partisipatif.

Selama ini jamu telah menjadi ensiklopedi ekologis, pengetahuan teknologi kesehatan, dan penanda peradaban, sekaligus sebagai local knowledge dan local wisdom dari budaya Nusantara yang sangat berharga. Selain menjadi kekayaan budaya dan alam Indonesia, jamu juga memiliki nilai strategis dari sisi ekonomi. Produksi jamu melibatkan banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat, seperti petani yang menanam bahan baku jamu, pekerja yang memprosesnya, hingga tenaga penjualan dan pemasaran. Jamu juga menjadi penggerak ekonomi lokal dan beberapa produk jamu telah meraih popularitas di pasar global.

Itulah manfaat minum jamu kunyit. Kini, minum jamu sudah diakui sebagai warisan budaya. Mari rutin minum jamu!

Selanjutnya: Kumpulan Gambar Hari HAM Sedunia 2023, Inspirasi untuk Konten Media Sosial

Menarik Dibaca: Kumpulan Gambar Hari HAM Sedunia 2023, Inspirasi untuk Konten Media Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×