kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh, ternyata mencengangkan


Rabu, 11 Agustus 2021 / 16:40 WIB
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh, ternyata mencengangkan


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Ikan Salmon dikenal sebagai ikan yang memiliki nutrisi dan gizi yang luar biasa. Kandungan asam lemak omega 3-nya, menjadikan ikan salmon menjadi ikan dengan sumber protein yang bisa membantu memelihara kesehatan otak, mencegah peradangan, dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. 

Tidak heran kalau konsumsi ikan ini sangat disarankan oleh para ahli. Manfaat ikan salmon untuk tubuh sangat beragam, karena ikan ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. 

Selain mengandung banyak protein, salmon juga sudah lama dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, dikutip dari Everyday Health.

Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12. Zat ini merupakan asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexanoic acid).  

Baca Juga: Sertifikat vaksin tak muncul meski sudah divaksinasi, jangan panik ya!

Melihat kandungan gizi dan nutrisi ikan salmon, tak lepas dari manfaat yang bisa dirasakan tubuh. Dirangkum dari beberapa sumber Everyday Health dan Healthline, berikut adalah manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh. 

1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya, yaitu membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis. 

2. Menjaga kesehatan mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon, yakni mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata. 

3. Menyembuhkan infeksi

Hampir semua keluarga vitamin B kompleks terdapat pada ikan salmon. Vitamin B kompleks memiliki peranan vital dalam mencegah peradangan, memelihara fungsi serta kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak.   

Baca Juga: Cek penerima subsidi gaji Rp 1 juta di sini, cair lewat BRI, BTN, BNI dan Mandiri

4. Baik untuk kulit dan rambut

Jika sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusi. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau.  

5. Mengatasi depresi

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon yang dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan yang diberikan oleh dokter, diyakini berguna untuk membantu mengatasi depresi.  

Selain itu, ikan salmon memilik rasa yang lezat dan nikmat. Memasukkan ikan berlemak ini sebagai bagian rutin dari asupan gizi Anda, sangat mungkin bisa meningkatkan kualitas hidup. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×