kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.406.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 16.247
  • IDX 7.280   -33,92   -0,46%
  • KOMPAS100 1.139   -7,54   -0,66%
  • LQ45 918   -5,38   -0,58%
  • ISSI 219   -0,45   -0,21%
  • IDX30 457   -3,60   -0,78%
  • IDXHIDIV20 549   -4,07   -0,74%
  • IDX80 128   -0,65   -0,50%
  • IDXV30 130   -0,22   -0,17%
  • IDXQ30 154   -1,22   -0,79%

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Jumat, 10 Mei 2024 / 09:39 WIB
Manfaat Daun Sirih Cina untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
ILUSTRASI. Daun sirih cina


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun sirih cina untuk menurunkan risiko penyakit jantung adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, banyak manfaat daun sirih cina lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Daun sirih Cina, atau yang dikenal juga sebagai daun piperis betle, telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional karena berbagai khasiatnya yang luar biasa. 

Melansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat daun sirih cina untuk kesehatan:

Baca Juga: Sendi Sering Kaku? Waspada 5 Gejala Rematik Berikut

1. Antibakteri dan Antivirus

Daun sirih Cina mengandung senyawa aktif seperti fenilpropanoid, flavonoid, dan minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Kandungan ini dapat membantu melawan berbagai jenis bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit, membantu melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Antiinflamasi

Kandungan antiinflamasi dalam daun sirih Cina dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk penderita penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis, dan dapat membantu mengurangi gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Coba 5 Bahan Alami Ini

3. Antioksidan

Daun sirih Cina kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih Cina dikenal sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan mulut. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat membantu mengurangi pembentukan plak, mencegah karies gigi, dan menyegarkan napas. Penggunaan daun sirih Cina sebagai obat kumur juga dapat membantu mengatasi masalah gigi dan gusi.

5. Menyokong Sistem Pencernaan

Daun sirih Cina dapat memberikan dukungan untuk sistem pencernaan. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan masalah pencernaan lainnya. Ini juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Saat Terdesak, Coba 5 Obat Alami Ini

6. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam daun sirih Cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan meredakan peradangan dan melawan radikal bebas, daun sirih Cina dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Daun sirih Cina telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat mendukung kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Penggunaan daun sirih Cina sebagai bagian dari gaya hidup sehat dapat memberikan kontribusi positif terhadap pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan tubuh secara umum. Meskipun daun sirih Cina bisa memberikan manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengganti atau menambahkan pengobatan apa pun.

Selanjutnya: Harga Paket dan Cara Aktivasi RoaMAX Telkomsel Haji dan Umrah

Menarik Dibaca: Bepergian Pakai DAMRI, Begini Ketentuan Pakai Toiletnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×