Manfaat daun neem untuk kecantikan wajah dan tubuh

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:45 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Manfaat daun neem untuk kecantikan wajah dan tubuh

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun neem/ mimba yang paling sering anda tahu yaitu dapat menghilang jerawat. Benar saja, telah banyak produk skincare yang menggunakan daun neem sebagai bahan utamanya. Daun neem adalah tanaman yang awalnya berasal dari India dan kini telah tersebar di Indonesia khususnya pulau jawa.

Tidak hanya menghilangkan jerawat, daun neem juma memiliki banyak manfaat lain untuk kecantikan wajah dan tubuh. Moms, berikut manfaat daun neem yang harus anda tahu, yaitu:

1. Menghilangkan jerawat

Seperti yang anda tahu bahwa daun neem terkenal sebagai obat jerawat. Jika anda memiliki daun neem, anda bisa membuat masker alami. Dengan cara yakni membuat pasta dari adonan daun neem dan air hangat, boleh ditambahkan kunyit, dimana kunyit memiliki efek antiseptik.

Oleskan ke wajah anda sebagai masker alami lalu tunggu selama 20 menit sampai masker kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Untuk lebih gampangnya anda juga bisa membeli produk skincare yang memiliki kandungan daun neem.

Baca Juga: Tips ampuh membersihkan make up menurut ahli kosmetik

2. Menjaga kelembaban kulit

Pada kulit kering, daun neem pun membantu menjaga kelembaban kulit. Secara tradisional bubuk neem dicampur dengan air dan beberapa tetes minyak biji anggur, kemudian dibalurkan ke kulit wajah. Pengaplikasian secara rutin memberi manfaat lain, selain menjaga kelembaban kulit wajah, juga menyingkirkan komedo dan kulit wajah kencang plus halus.

3. Mengendalikan reaksi alergi di kulit

Melansir dari otcdigest.id, daun neem diketahui memiliki fitokimia yang merangsang kekebalan dan sifat regeneratif yang bisa membantu kulit untuk melawan patogen di permukaan kulit, sehingga menjaganya tetap kenyal. Sifat anti-inflamasi dan analgetiknya dapat membantu “menenangkan” kulit pada mereka yang menderita alergi.

4. Mengontrol minyak berlebih

Daun neem juga mampu mengontrol minyak berlebih. Caranya yaitu pasta daun neem dicampur dengan jus lemon dan sedikit yogurt. Ini tidak hanya mencegah dan mengendalikan kelebihan minyak, tetapi juga mecegah jerawat kembali muncul – salah satu masalah membandel pada jenis kulit berminyak.

5. Sebagai toner kulit

Ternyata daun neem bisa menjadi toner alami kulit. Caranya rebusan daun neem dapat dipakai sebagai toner kulit. Rebus sekitar 20 lembar daun mimba dengan setengah liter air sampai daun melembut dan berubah menjadi hijau. Saring dan simpan dalam botol. Gunakan cairan ini sebagai toner kulit dengan menyekakan pada wajah tiap malam.

Itulah manfaat daun neem untuk kecantikan wajah dan tubuh anda. Nah, apakah moms tertarik menggunakan daun neem sebagai skincare? Telah banyak produk kecantikan yang menjual daun neem sebagai bahan skincare. Selamat mencoba, moms!

Selanjutnya: Lakukan 5 Cara Ini Agar Mendapatkan Bibir Merah Alami

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru