kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat daun kelor untuk kesehatan, bisa menurunkan kolesterol


Rabu, 02 September 2020 / 12:41 WIB
Manfaat daun kelor untuk kesehatan, bisa menurunkan kolesterol


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Semua bagian pohon kelor memiliki manfaat, tak terkecuali daunnya. Daun kelor memiliki banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Bahkan, manfaat daun kelor untuk kesehatan dinilai lebih tinggi dari wortel, jeruk, atau susu. Melansir Pharmeasy, daun kelor kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, dan folat.

Daun kelor juga mengandung magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan zinc. Tak hanya itu, masih banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yang bisa Anda dapat.

Baca Juga: Daun kelor dan serangga bisa jadi sumber makanan alternatif

Mengatasi inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah respons tubuh terhadap rasa sakit yang datang. Ini bisa Anda atasi dengan daun kelor. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini karena ada antiinflamasi alami dalam bentuk isothiocyanates.

Inflamasi adalah sumber masalah banyak penyakit, seperti kanker, rheumatoid, dan arthritis. Jika dibiarkan, tentu saja inflamasi akan memperparah kondisi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor, inflamasi akan berkurang.

Mengandung banyak antioksidan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan juga karena banyak kandungan antioksidan. Kandungan tersebut bisa membersihkan radikal bebas yang jadi penyebab berbagai jenis penyakt. Contohnya, diabetes mellitus tipe 2, jantung, dan alzheimer.

Baca Juga: Amazing! Daun kelor ampuh merawat kecantikan kulit wajah

Daun kelor juga mengandung quercetin untuk menurunkan tekanan darah dan chlorogenic untuk menstabilkan jumlah gula darah. Antioksidan dalam darah meningkat jika Anda mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor secara rutin selama tiga bulan.

Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor untuk kesehatan juga berpengaruh pada jumlah kolesterol. Kolesterol tinggi bisa jadi salah satu penyebab penyakit yang berkaitan dengan jantung. Dengan rutin mengonsumsi daun kelor, Anda bisa mencegah terjadinya penyakit tersebut.

Menjaga kesehatan liver

Bagi penderita TBC, mengonsumsi daun kelor adalah hal baik yang perlu rutin dilakukan. Mengutip Pharmeasy, daun kelor mampu mengatasi efek negatif obat anti-tubercular. Kandungan nutrisi dalam daun kelor mempercepat perbaikan sel liver.

Baca Juga: Manfaat oyong untuk kesehatan yang harus Anda tahu

Daun kelor kaya akan polyphenol sehingga bermanfaat untuk melawan kerusakan oksidatif di liver. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini penting untuk diperhatikan karena bisa meningkatkan jumlah protein dalam liver.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah bisa sebagai antiseptic. Daun kelor dapat melawan infeksi bakteri dan mengobati luka kecil di tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×