kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat, Kenali Juga Khasiat Lain Cuka Apel untuk Kesehatan


Minggu, 09 Juni 2024 / 07:20 WIB
Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat, Kenali Juga Khasiat Lain Cuka Apel untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat, Kenali Juga Khasiat Lain Cuka Apel untuk Kesehatan


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Cuka Apel untuk Asam Urat - Jakarta. Simak manfaat cuka apel untuk asam urat. Selain itu, manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh juga banyak lho.

Manfaat cuka apel untuk asam urat sudah cukup terkenal di sebagian masyarakat. Manfaat cuka apel mampu membantu menurunkan kadar asam urat.

Namun bagaimana cara mendapatkan manfaat cuka apel untuk asam urat?

Diberitakan Grid Health, asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di sekitar persendian.Saat serangan asam urat terjadi, pengidapnya akan merasakan nyeri yang hebat dan pembengkakan di sekitar persendian.

Gejala asam urat yang tidak menyakitkan tersebut, bisa bertahan hingga berhari-hari, membuat sulit beraktivitas. Oleh karena itu, pengidapnya perlu segera melakukan pengobatan, agar kondisi ini bisa cepat teratasi.

Salah satu obat tradisional yang efektif menurunkan asam urat dalam tubuh adalah cuka apel.

Baca Juga: 3 Ramuan Herbal Ini Bikin Asam Urat Tinggi Minta Ampun

Manfaat cuka apel untuk asam urat

Menurut The Health Site, cuka apel mengandung asam malat yang membantu memecah dan mengeluarkan asam urat dari tubuh. Secara alami bumbu dapur ini mempunyai rasa yang asam. Ketika masuk ke tubuh akan diubah menjadi alkalin.

Ini membantu memerangi elemen dan kondisi yang dapat meningkatkan risiko asam urat. Selain cuka apel menurunkan asam urat, khasiatnya juga dikaitkan dengan kemampuan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat asam urat.

Kandungan potasium di dalamnya, diketahui bisa menghilangkan "limbah" yang berlebih dari tubuh.

Riset menunjukkan, cuka apel mampu menurunkan berat badan dan mengurangi peradangan, yang pada akhirnya menurunkan asam urat dalam darah.

Cara minum cuka apel untuk menurunkan asam urat

Minum cuka apel untuk asam urat dapat dilakukan secara langsung. Namun jangan lupa dilarutkan lebih dahulu dengan segelas air hangat.

Minum campuran ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila tidak terlalu suka dengan rasanya, bisa tambahkan sedikit madu atau pemanis rendah kalori.

Selain diminum langsung, manfaat dari bahan alami ini juga bisa didapatkan dengan menjadikannya sebagai salad dressing.

Meskipun bermanfaat sebagai obat asam urat, penggunaannya juga bisa menimbulkan efek samping. Dilansir dari Gout and You, efek samping tersebut antara lain:

  • Asam lambung naik
  • Sendawa
  • Perut penuh gas
  • Perubahan gerakan usus

Baca Juga: Makan Apa Agar Asam Urat Turun? Coba 5 Makanan Ini

Manfaat cuka apel untuk kesehatan

Selain untuk menurunkan asam urat, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran, sejak zaman dahulu orang-orang telah mengambil manfaat cuka apel sebagai obat tradisional.

Dilansir dari website Siloam Hospital, cuka apel adalah bahan herbal yang terbuat dari sari buah apel dan ragi untuk difermentasi. Karena melalui proses fermentasi, cuka apel diketahui memiliki kandungan bakteri probiotik yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran cerna.

Selain itu, dalam 100 gram cuka apel juga mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya:

  • Energi: 21 kalori.
  • Karbohidrat: 0,93 gram.
  • Gula total: 0,4 gram.
  • Kalium: 73 miligram.
  • Fosfor: 8 miligram.
  • Kalsium: 7 miligram.
  • Magnesium: 5 miligram.
  • Natrium: 5 miligram.
  • Zat besi: 0,2 miligram.

Dengan kandungan itu, cuka apel memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, yakni:

1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang pertama adalah mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi sumber energi di dalam tubuh. Selain itu, cuka apel juga turut memperlambat proses pelepasan gula dari makanan di dalam tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang kedua adalah membantu menurunkan berat badan. Cuka apel mampu membantu menurunkan berat badan dengan mengoptimalkan produksi enzim AMPK yang berperan dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Namun, belum diketahui secara pasti berapa tingkat efektivitas konsumsi cuka apel dalam menurunkan berat badan. Bila ingin mengonsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan, Anda tetap perlu mengimbanginya dengan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

3. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang ketiga adalah memelihara kesehatan jantung. Asam asetat dan antioksidan dalam cuka apel yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta meminimalkan risiko terjadinya hipertensi.

4. Menjaga kesehatan kulit wajah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang keempat adalah menjaga kesehatan kulit wajah. Kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat kotoran maupun sel kulit mati pada wajah. Bahkan, cuka apel juga bersifat antimikroba sehingga mampu meredakan jerawat yang meradang.

Bila ingin mendapatkan manfaat cuka apel untuk wajah satu ini, Anda dapat mencampurnya pada air bersih dengan perbandingan 1:3. Oleskan campuran cuka apel tersebut pada kulit wajah secara perlahan dan diamkan selama 5–20 detik. Lalu, Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang kelima adalah mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit karena mengandung probiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroflora di dalam usus. Selain meredakan sembelit, cuka apel juga bermanfaat untuk mengatasi diare karena mengandung pektin yang dapat memadatkan tekstur feses.

 6. Meredakan gejala asam lambung

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang keenam meredakan gejala asam lambung. Konsumsi cuka apel secukupnya diketahui dapat menetralkan asam lambung sehingga turut meredakan berbagai gejala heartburn, seperti nyeri pada ulu hati, rasa pahit pada mulut, dan sensasi panas pada tenggorokan. Namun, konsumsi cuka apel untuk asam lambung ini perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan iritasi pada saluran cerna.

Adapun cara mendapatkan manfaat cuka apel untuk asam lambung yang aman adalah dengan mengonsumsinya sebelum makan bersama suplemen lain, seperti probiotik, magnesium citrate, dan deglycyrrhizinated licorice.

Itulah manfaat cuka apel untuk asam urat dan khasiat lainnya untuk kesehatan. Jangan berlebihan konsumsi cuka apel karena bisa menimbulkan efek negatif.

Baca Juga: 9 Buah Penurun Asam Urat Paling Cepat, Cek dan Konsumsi yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×