kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,02   -7,36   -0.74%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang wajib Anda tahu


Jumat, 17 Juli 2020 / 15:53 WIB
Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang wajib Anda tahu


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain jadi superfood, buah pisang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin dan wajar.  

Buah pisang, salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Selain harganya terjangkau, buah pisang memiliki rasa yang nikmat dan mengeyangkan. 

Sebagian orang mengonsumsi buah pisang setiap pagi sebagai pengganti sarapan. Namun, tidak sedikit juga orang yang makan buah pisang di malam hari sebagai pengganti makan malam. 

Baca Juga: Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh Anda

Selain mengeyangkan, buah pisang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori. 

Nutrisi dan vitamin tersebut membuat buah pisang menjadi superfood dan juga buah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin. 

Berikut manfaat buah pisang untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui. 

Meningkatkan konsentrasi otak 

Karena mengandung kalium, buah pisang bisa meningkatkan konsentrasi untuk anak atau orang dewasa. Kalium dalam buah pisang membuat otak dan saraf berfungsi dengan maksimal. 

Buah pisang juga kaya akan magnesium yang memainkan peran penting untuk mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh anak. Magnesium juga berfungsi sebagai penjaga reseptor N-Methyl-D-Aspartate (NMDA), yang membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran. 

Sumber energi

Buah pisang memberikan energi untuk mengawali hari. Buah ini memberikan energi yang lebih baik daripada minuman berenergi. 

Mengonsumsi dua buah pisang saat sarapan bisa memberikan energi yang cukup untuk berjalan kaki selama satu setengah jam. Luar biasa, bukan? 

Melancarkan sistem pencernaan 

Buah pisang kaya akan kandungan serat. Nutrisi ini bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. 

Serat pektin dalam buah pisang juga memiliki khasiat untuk melawan kanker usus besar. Meski begitu, penelitian lebih luas masih dibutuhkan untuk memberikan bukti akurat mengenai manfaat buah pisang yang satu ini. 

Mengatur kadar gula dalam darah 

Pisang mengandung serat pektin yang diyakini bisa melawan kanker usus. Serat pektin termasuk nutrisi penting untuk mengendalikan glukosa dalam darah. 

Asosiasi Diabetes Amerika bahkan menyebutkan bahwa buah pisang tetap baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Meski begitu, jumlahnya harus dibatasi. 

Sumber antioksidan

Buah pisang mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Contoh antioksidan yang ada pada buah pisang yakni dopamin dan katekin. 

Antioksidan ini memiliki khasiat penting, seperti menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Membuat kenyang lebih lama 

Buah pisang mengandung sejenis karbohidrat yang disebut resistant starch. Bersama serat pektin, nutrisi ini mampu memberikan efek mengenyangkan. 

Oleh karena itu, buah pisang juga disebut dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Ini berarti, kabar baik untuk Anda yang sedang berdiet. 

Memberikan sensasi menyenangkan 

Manfaat buah pisang berikutnya didapatkan dari kandungan asam amino yang disebut triptofofan di dalamnya. Bersama dengan vitamin B6 yang juga ada dalam pisang, triptofofan dapat merangsang produksi hormon serotonin. 

Hormon serotonin mampu memberikan sensasi senang pada tubuh dan memperbaiki mood. Dengan ini, pikiran dan tubuh bisa menjadi lebih rileks. 

Buah Pisang mudah ditemukan dan diolah. Selain itu, buah pisang bisa tumbuh sepanjang tahun, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. 

Selain dapat dimakan secara langsung, buah pisang juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama makanan lain. Misalnya, menaburkan irisan pisang dalam semangkuk oatmeal atau di atas roti gandum panggang. 

Anda pun bisa mengolahnya menjadi smoothies, dengan menaburkan irisan buah lain di atasnya. 

Penderita penyakit ginjal dan jantung wajib konsultasi 

Walau pisang tergolong makanan sehat dengan segudang manfaat, Anda tetap harus waspada jika memiliki gangguan medis tertentu. Sebagai contoh, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat jenis beta-blockers sebagai pengobatan penyakit jantung, Anda sebaiknya menghindari buah pisang. 

Sebab, kalium dalam buah pisang berpotensi memberikan dampak negatif dengan obat tersebut. Begitu juga dengan pengidap gagal ginjal. 

Kandungan kalium dalam pisang maupun sumber makanan lainnya dapat membahayakan. Apabila ginjal tidak bisa mengeluarkan kalium yang berlebihan dalam darah, hal ini bisa berakibat fatal. 

Bila ingin mendapatkan manfaat pisang secara optimal. Konsumsilah dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. Selalu konsultasikan dengan dokter apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu. 

Jangan sampai manfaat buah pisang yang baik malah berujung buruk bagi kesehatan.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Asam lambung naik? Redakan dengan minuman berikut ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Pisang Jauh Lebih Manis dari Rasanya", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×