kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Buah Ceri Untuk Menyokong Kesehatan Otak, Catat 8 Khasiat Berikut


Minggu, 09 Juni 2024 / 11:00 WIB
Manfaat Buah Ceri Untuk Menyokong Kesehatan Otak, Catat 8 Khasiat Berikut
ILUSTRASI. Manfaat buah ceri untuk menyokong kesehatan otak adalah salah satu khasiat yang penting diketahui.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah ceri untuk menyokong kesehatan otak adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, masih banyak khasiat dan manfaat buah ceri lainnya yang bisa didapatkan.

Buah ceri, dengan rasa manis dan warna cerah juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Lantas, apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan?

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Juni 2024

Melansir dari Healthline, ceri adalah salah satu buah yang paling disukai dan memiliki rasa lezat,  mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan dengan efek kesehatan yang kuat.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan lainnya:

Menyokong Kesehatan Otak

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam buah ceri dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif pada otak. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer, dan meningkatkan kognisi.

Antioksidan Tinggi

Buah ceri dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan seperti antosianin, melatonin, dan quercetin di dalam ceri dapat memberikan perlindungan optimal.

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Jadi Sumber Energi Alami

Melatonin untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Buah ceri mengandung melatonin alami, hormon yang memainkan peran kunci dalam regulasi siklus tidur dan bangun. Mengonsumsi ceri atau minum jus ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah tidur, seperti insomnia.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan dalam buah ceri dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol, sementara antioksidan melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Membantu Mengurangi Peradangan

Buah ceri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kondisi inflamasi kronis, seperti arthritis, dan mengurangi risiko penyakit inflamasi lainnya.

Baca Juga: Deretan Makanan Diet Rendah Kalori yang Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Buah ceri rendah kalori dan tinggi serat, membuatnya menjadi pilihan camilan sehat untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat juga membantu merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah ceri berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih, yang merupakan bagian integral dari pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Mendukung Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam buah ceri dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam ceri juga mendukung produksi kolagen, membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Selanjutnya: Mendag Ancam Cabut Izin Impor Pengusaha Bawang Putih yang Tak Realisasikan Impornya

Menarik Dibaca: Simak Tips Memaksimalkan Pertumbuhan Bisnis Dengan Model Crowdsourcing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×