kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mampu Menurunkan Kolesterol, Kenali 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan


Sabtu, 31 Desember 2022 / 17:45 WIB
Mampu Menurunkan Kolesterol, Kenali 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah apel untuk kesehatan nampaknya sudah cukup populer dan diketahui banyak orang. Pasalnya, mengkonsumsi buah apel dipercaya mampu memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kolesterol.

Banyaknya manfaat buah apel untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah apel di antaranya seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, serat, vitamin C, vitamin D, zat besi, magnesium dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jadwal Liga Italia Serie A: Spezia vs Atalanta Jadi Pembuka Pekan 16

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut tak heran mengkonsumsi buah apel bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki banyak manfaat, buah apel juga mempunyai rasa asam manis yang lezat baik dikonsumsi secara langsung. Tak jarang juga buah apel kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga penyedap rasa makanan dan minuman.

Lalu apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan?

Melansir dari BBC Food, berikut beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan:

1. Mampu Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah apel untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah apel mengandung serat yang efektif menurunkan kolesterol.

Penelitian terbaru oleh European Journal of Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi buah apel utuh yang kaya serat pektin memiliki efek penurunan kolesterol.

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Yuk Simak!

2. Mecegah Diabetes

Manfaat buah apel selanjutnya juga tak kalah hebat yakni mampu mencegah diabetes atau penyakit gula darah tinggi. Pasalnya, buah apel memiliki indeks glikemik yang rendah. 

Selain itu, buah apel juga memiliki banyak serat dan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta penting untuk manajemen berat badan dan mencegah diabetes.

3. Mencegah Obesitas

Mengkonsumsi buah apel juga dapat mengurangi risiko obesitas. Hal tersebut dikarenakan buah apel mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Selain itu, buah apel juga mengandung banyak protein dan rendah kalori. Sehingg buah apel juga cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang mengandung polifenol dan flavonoid. Ke dua senyawa tersebut berperan aktif juga mencegah berbagai gejala penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi hingga stroke.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Asupan buah dan sayuran dianggap berperan penting untuk kepadatan tulang yang lebih besar dan peningkatan kesehatan tulang. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi buah apel.

Pasalnya, buah apel mengandung jumlah kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. Demikian beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×