kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 7 Manfaat Buah Delima yang Perlu Anda Ketahui


Senin, 25 Juli 2022 / 14:14 WIB
Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 7 Manfaat Buah Delima yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Delima


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Delima dikenal mempunyai rasa manis asam yang khas. Selain itu, mengonsumsi buah delima juga dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah delima berbentuk bulat, berwarna merah, dan menampilkan daging bagian dalam berwarna putih yang padat, dengan biji yang renyah dan berair yang disebut arils.

Selain itu, buah delima juga mengandung banyak nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin c, antioksidan, dan masih banyak lagi kandungan yang baik untuk kesehatan lainnya.

Baca Juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Melalui SnapTik Secara Gratis

Merangkum dari Healthline, ada beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan yang menarik untuk Anda ketahui: 

Menjaga kesehatan ginjal 

Buah delima juga mempunyai manfaat untuk menjaga saluran kemih dan ginjal. Pasalnya, kandungan dalam buah delima dipercaya dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. 

Mencegah peradangan 

Manfaat buah delima dipercaya dapat mencegah peradangan jangka pendek yang terjadi akibat infeksi atau cedera. Sebab, buah delima mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang mampu membantu mencegah peradangan.

Baca Juga: Catat Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar, Pertandingan Pertama Senegal VS Belanda

Mencegah kanker 

Beberapa penelitian tabung menemukan, senyawa dalam buah delima, jus, dan minyak dapat membantu membunuh sel kanker atau memperlambat penyebarannya di dalam tubuh. 

Meski demikian, perlu dilakukan lagi berbagai penelitian untuk mengetahui lebih lanjut terkait manfaat buah delima satu ini. 

Menjaga kesehatan jantung 

Ekstrak delima mengandung senyawa polifeno yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menemukan, ekstrak buah delima dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan di arteri, menurunkan tekanan darah, dan membantu melawan aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Jantung Berbahan Alami yang Bisa Jadi Alternatif

Meningkatkan daya tahan tubuh

Polifenol dalam buah delima juga bermanfaat utnuk meningkatkan daya tahan tubuh saat olahraga. Sehingga, membuat Anda bisa berolahraga dengan rentang waktu yang relatif lebih lama.

Baik untuk kesehatan otak

Manfaat buah delima selanjutnya adalah baik untuk kesehatan otak. Soalnya, delima mengandung senyawa yang disebut ellagitannins, yang bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Dengan demikian, delima juga menawarkan manfaat perlindungan bagi otak Anda terhadap kondisi yang dipengaruhi oleh peradangan dan stres oksidatif.

Baca Juga: Membantu Menurun Berat Badan, Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

Melancarkan pencernaan

Selain itu, buah delima juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Buah delima mengandung banyak serat yang menjadi salah faktor yang dapat menjaga kesehatan penceraan dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×