Makanan yang baik dikonsumsi penderita stroke agar tidak kambuh lagi

Jumat, 04 Juni 2021 | 09:14 WIB   Reporter: kompas.com
Makanan yang baik dikonsumsi penderita stroke agar tidak kambuh lagi

ILUSTRASI. Makanan yang baik dikonsumsi penderita stroke agar tidak kambuh lagi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penderita stroke tidak boleh sembarangan konsumsi makanan. Simak daftar makanan yang terbaik untuk penderita stroke untuk mencegah stroke berulang atau kambuh.

Salah satu kunci sukses pengobatan stroke perlu dukungan pola makan sehat setiap hari. Komitmen memilih makanan sehat untuk penderita stroke bisa membantu mengontrol tekanan darah, berat badan, sampai mencegah serangan stroke berulang atau kambuh lagi.

Ahli gizi dapat membantu merekomendasikan nutrisi makanan yang paling pas untuk penderita stroke agar tidak kambuh lagi.

Dilansir dari Stroke Foundation, banyak di antara pengidap stroke yang mengalami gizi buruk setelah terserang penyakit. Hal itu tak lepas dari kondisi orang stroke yang susah menggunakan tangan, masalah dengan ingatan sehingga kerap lupa makan atau minum, tidak nafsu makan, sampai susah menelan.

Jika penderita stroke kesulitan memenuhi asupan nutrisi setiap hari, segera konsultasikan dengan dokter ahli gizi. Selain itu, upayakan untuk menjaga pola makan bergizi seimbang, rendah gula-garam-lemak, serta tinggi serat.

Baca juga: Agar masa tua tidak sakit-sakitan, ini cara menjaga kesehatan bagi lansia

Dilansir dari Cleveland Clinic berikut beberapa rekomendasi makanan untuk penderita stroke agar serangan stroke tidak berulang atau kambuh lagi

1. Makanan bergizi lengkap dan seimbang

Makanan yang perlu dikonsumsi penderita stroke agar tetap sehat dan bisa mencegah kambuh lagi adalah makanan bergizi lengkap dan seimbang. Tidak ada satu makanan pun yang bisa memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Untuk itu, setiap orang termasuk orang stroke, perlu memenuhi gizi lengkap dan seimbang yang terdiri atas buah, sayur, biji-bijian, dan protein berlemak sehat. Menurut pedoman Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan, dalam satu sesi makan setidaknya pastikan ada makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

2. Sayur dan buah yang berwarna-warni

Penderita stroke juga perlu konsumsi makananan sayur dan buah yang berwarna-warni agar penyakitnya tidak kambuh lagi. Pasalnya, sayur dan buah warna-warni bisa memberikan nutrisi optimal

Pilih jenis sayur dan buah yang berwarna-warni seperti pelangi di setiap sesi makan. Semakin banyak ragam warna alami dari makanan yang dikonsumsi, nutrisinya semakin baik. Misalkan merah dari apel, oranye dari wortel, kuning dari lemon atau paprika, hijau dari bayam atau brokoli, sampai ungu dari terong dan buah naga.

Simak daftar makanan untuk mencegah stroke kambuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru