Makanan Sayur yang Cocok Untuk Asam Lambung & Ramuan Herbal Menurunkan Asam Lambung

Kamis, 17 November 2022 | 05:05 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Makanan Sayur yang Cocok Untuk Asam Lambung & Ramuan Herbal Menurunkan Asam Lambung


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak makanan dari sayur yang cocok untuk penderita asam lambung. Kenali juga ramuan herbal untuk asam lambung agar kembali normal.

Sayur memang bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan serat yang bagus untuk kesehatan. Namun, tidak semua makanan berbahan sayur cocok untuk penderita asam lambung.

Penderita asam lambung perlu makan sayur yang cocok agar penyakitnya tidak kambuh. Lalu, makanan berbahan sayur apa yang cocok untuk penderita asam lambung?

Dilansir dari Kompas.com, berikut makanan dari sayur yang cocok untuk asam lambung:

1. Mentimun

Makanan pertama dari sayur yang cocok untuk asam lambung adalah mentimun. Makan mentimun sangat bermanfaat bagi penderita asam lambung tinggi. Terutama pada kandungan air mentimun yang bersifat basa. Secara langsung, kandungan ini dapat membantu menteralkan asam lambung dengan menyeimbangkan tingkat pH atau keasaman di dalam perut.

Baca Juga: 15 Cara Alami Agar Gejala Asam Lambung Tinggi Tak Semakin Parah

2. Bayam

Makanan kedua dari sayur yang cocok untuk asam lambung adalah bayam. Sifat basa dari sayuran bayam sangat penting untuk mengurangi gejala asam lambung naik atau Gerd.

Berdasarkan riset dari University of Machester, bayam sangat aman dikonsumsi penderita asam lambung karena sejumlah kandungannya dapat bertindak sebagai antasida alami.

3. Kale

Makanan ketiga dari sayur yang cocok untuk asam lambung adalah kale. Sayuran hijau berdaun keriting ini juga bersifat basa, sehingga sering digunakan dalam pengobatan alami untuk mengatasi maag dan masalah pencernaan lainnya, termasuk asam lambung tinggi.

Di samping itu, kale juga kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan ketika ada bagian tubuh yang meradang akibat asam lambung.

4. Brokoli

Makanan keempat dari sayur yang cocok untuk asam lambung adalah brokoli. Brokoli juga sangat sehat bila dikonsumsi penderita asam lambung hingga Gerd.

Sayuran ini bersifat basa jika sudah dicerna di dalam lambung dan memiliki efek yang dapat bertindak sebagai antasida alami. Banyak cara untuk mengolah brokoli menjadi makanan lezat yang dapat dikonsumsi secara rutin. Seperti diolah menjadi tumisan hingga dicampurkan ke dalam smoothie.

5. Lobak sayur

Makanan kelima dari sayur yang cocok untuk asam lambung adalah lobak. Lobak juga bersifat basa dan dapat bertindak sebagai antasida alami.

Ketika rutin dikonsumsi, khasiatnya bisa mencegah heartburn akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, kandungan minyak mustard yang tinggi pada lobak juga bisa membantu menenangkan perut dan menurunkan produksi asam lambung.

Ramuan herbal untuk asam lambung

Selain konsumsi makanan tepat, sejumlah ramuan herbal cocok diminum penderita asam lambung saat penyakit itu kambuh. Namun, sebelum menggunakan bahan-bahan ini secara rutin, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.

Diberitakan Kontan.co.id, berikut ramuan herbal untuk asam lambung:

Kayu manis

Ramuan herbal untuk asam lambung yang pertama adalah ramuan kayu manis. Laman NDTV Food merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi kayu manis agar asam lambung lebih terkontrol. Tak hanya itu, kayu manis juga dipenuhi dengan nutrisi penting lain yang efektif menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Air sereh bermanfaat membantu meredakan asam lambung tinggi

Cengkih

Ramuan herbal untuk asam lambung yang kedua adalah ramuan cengkih. Jenis rempah itu bisa mencegah produksi gas di saluran pernapasan.

Selain itu, cengkih juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Jahe

Ramuan herbal untuk asam lambung yang ketiga adalah ramuan jahe. Jahe dipenuhi dengan antiinflamasi yang efektif menetralkan asam lambung.

Anda bisa mengonsumsi jahe langsung atau mencampurnya dulu dengan air hangat.

Daun kemangi

Ramuan herbal untuk asam lambung yang keempat adalah ramuan dari daun kemangi. Apakah Anda sering mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan? Ternyata bahan alami tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi asam lambung, lo. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus tiga hingga empat lembar daun kemangi dalam segelas air. Konsumsi air rebusan itu secara rutin agar jumlah asam lambung lebih terkontrol. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi daun kemangi secara langsung.

Itulah daftar makanan yang cocok untuk penderita asam lambung dan ramuan herbal untuk menurunkan asam lambung. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru