Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Ini Mudah Didapat, Bukan Buah atau Sayur tapi Ikan

Rabu, 09 Maret 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Ini Mudah Didapat, Bukan Buah atau Sayur tapi Ikan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak cara menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Selain menggunakan obat-obatan, sejumlah makanan juga bisa menjadi cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Apa saja makanan penurunan kolesterol tinggi?

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun ada juga makanan penurun kolesterol tinggi.

Salah satu makanan penurun kolesterol tinggi adalah ikan. Menurut Medical News Today, orang yang memiliki kolesterol tinggi atau sedang menjaga kadar kolesterolnya disarankan untuk menambahkan ikan-ikanan ke dalam menunya.

Beberapa makanan laut, seperti lobster, tiram, dan kepiting, memang menjadi salah satu penyebab kolesterol. Namun, hampir semua ikan mengandung omega 3 dan rendah akan lemak jenuh yang berarti rendah juga akan risiko kolesterol.

Tidak hanya menurunkan kolesterol, kandungan dalam ikan juga menurunkan risiko akan penyakit kardiovaskular (jantung). American Health Association menyarankan untuk mengonsumsi ikan setidaknya 220 gram ikan per minggu demi menurunkan kolesterol.

Namun, jenis ikan sangatlah beragam dan banyak ikan yang mengandung merkuri. Jadi, manakah jenis ikan yang cocok menjadi makanan penurun kolesterol tinggi dan aman dari merkuri?

Baca Juga: 5 Buah yang Bikin Kolesterol Ambrol

Merangkum dari Medical News Today dan Healthline, berikut ini makanan penurun kolesterol tinggi yang aman dikonsumsi:

1. Ikan salmon

Bahan makanan pertama penurun kolesterol tinggi adalah ikan salmon. Ada banyak cara sehat untuk mengolah salmon, yaitu direbus dalam suhu rendah, dibakar langsung diatas api, dan dipanggang di dalam oven menggunakan aluminium foil.

2. Ikan trout

Bahan makanan kedua penurun kolesterol tinggi adalah ikan trout. Untuk menjaga lemak jenuh rendah, ikan trout dapat dibakar atau direbus dengan kaldu ayam atau sayur. Ikan trout juga dapat dijadikan salad atau pai ikan.

3. Ikan sarden

Bahan makanan ketiga penurun kolesterol tinggi adalah ikan sarden. Ikan sarden yang siap saji di kaleng-kaleng di supermarket juga menjadi alternatif yang bagus. Selain harganya yang murah, penyajiannya yang cepat dapat menghemat waktu di hari yang sibuk.

4. Ikan lele

Bahan makanan keempat penurun kolesterol tinggi adalah ikan lele. Tidak hanya harganya yang murah dan mudah dijumpai di mana pun, ikan lele juga tinggi akan omega 3 dan rendah kalori cocok untuk menurunkan kolesterol.

Itulah sejumlah ikan yang bisa menjadi makanan untuk penurun kolesterol tinggi. Tentunya, jangan konsumsi ikan tersebut dengan cara digoreng jika ingin menurunkan kolesterol tinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Ikan yang Aman untuk Kurangi Kolesterol",


Penulis : Giovani Cornelia
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru