kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makanan Pantangan Asam Urat & Angka Normal Asam Urat Pria Wanita


Sabtu, 25 November 2023 / 05:50 WIB
Makanan Pantangan Asam Urat & Angka Normal Asam Urat Pria Wanita
ILUSTRASI. Makanan Pantangan Asam Urat & Angka Normal Asam Urat Pria Wanita


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa Saja? - Jakarta. Asam urat banyak diderita masyarakat. Berapa angka normalnya asam urat wanita dan pria?

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kadar asam urat di angka normal. Pasalnya, asam urat yang tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Lalu berapa angka normalnya asam urat wanita dan pria?

Mengutip Kementerian Kesehatan, normalnya asam urat pria adalah 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan normalnya asam urat wanita 2,4 – 6,0 mg/dL.

Anak-anak juga harus dijaga level asam uratnya. Normalnya asam urat anak-anak adalah 2,0 – 5,5 mg/dL.

Merujuk website Puskesmas Kuta Selatan, Bali, kadar asam urat tinggi menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kristal asam urat.

Kristal tersebut dapat mengendap di persendian dan menyebabkan penyakit asam urat, suatu bentuk radang sendi yang bisa sangat menyakitkan. Kristal asam urat juga dapat menetap di ginjal dan membentuk batu ginjal.

Jika tidak diobati, kadar asam urat yang tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tulang, sendi, dan jaringan permanen. Selain itu, kadar asam urat tinggi menyebabkan penyakit ginjal dan penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan hubungan antara kadar asam urat yang tinggi dengan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak.

Ciri-ciri asam urat tinggi

Merujuk website Kementerian Kesehatan, ada beberapa ciri-ciri penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

· Sendi mendadak terasa sangat sakit.

· Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.

· Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.

· Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

· Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Penderita asam urat tidak boleh makan apa saja?

Penderita asam urat memiliki sejumlah makanan pantangan yang dilarang untuk dimakan. Penderita asam urat tidak boleh makan apa saja?

Penderita asam urat tinggi wajib menjalankan pola makan sehat dan diet rendah purin untuk mencegah penyakit kambuh. Apabila kebiasaan makan sembarangan tidak dikontrol, penderita bisa merasakan gejala penyakit kambuh seperti sendi nyeri, bengkak, dan ruam kemerahan.

Diberitakan Kompas.com, untuk mencegah penyakit kambuh, penderita asam urat tinggi sebaiknya tidak boleh makan emping melinjo dan makanan tinggi purin lainnya. Dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Umum Pusat Dr Kariadi, emping melinjo termasuk makanan tinggi purin yang menjadi pantangan untuk penderita asam urat.

Dalam 100 gram emping melinjo, kandungan purinnya bisa mencapai 150—800 miligram. Mengonsumsi asupan yang banyak mengandung purin bisa membuat tubuh memproduksi asam urat berlebih untuk memecah purin.

Merujuk buku Atasi Rematik dan Asam Urat ala Hembing oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, penderita asam urat perlu menjalani diet rendah purin dengan batas aman konsumsi maksimal 150 miligram per hari. Mengingat kandungan purin dalam emping melinjo tinggi dan mendekati batas aman konsumsi purin per hari, ada baiknya penderita asam urat tidak boleh makan camilan ini.

Selain emping, penderita asam urat juga tidak boleh makan makanan sebagai berikut:

  1. Jeroan
  2. Ikan sarden, makerel
  3. Makanan laut seperti udang, cumi, kerang
  4. Minuman beralkohol
  5. Kaldu daging
  6. Sosis, burger, smoked beef, kornet, dan daging olahan lainnya
  7. Bebek dan burung

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Selain tidak boleh makan emping melinjo, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari beberapa makanan pantangan yang tinggi purin di atas. Imbangi diet rendah purin di atas dengan kebiasaan banyak minum air putih dan cairan. Dengan hidrasi yang cukup, tubuh bisa mengeluarkan asam urat lewat urine.

Itulah angka normal asam urat wanita dan pria serta daftar makanan pantangan penderita asam urat. Jangan biarkan asam urat kambuh gara-gara tidak bisa menjauhi makanan pantangan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×