CLOSE [X]

Luhut Sebut Covid-19 Omicron Sudah Menyebar, Ini Masker Efektif Mencegah Penularan

Selasa, 04 Januari 2022 | 07:20 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Luhut Sebut Covid-19 Omicron Sudah Menyebar, Ini Masker Efektif Mencegah Penularan

ILUSTRASI. Luhut Sebut Covid-19 Omicron Sudah Menyebar, Ini Masker Efektif Mencegah Penularan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah kasus Covid-19 Omicron di Indonesia terus bertambah. Bahkan, Koordinator PPKM Jawa Bali yang juga Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyakini virus corona Omicron sudah menyebar di masyarakat. Lalu bagaimana cara mencegah penularan Covid-19 Omicron?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pada hari Senin 3 Januari 2022 kasus Covid-19 bertambah lagi. Sudah ada 152 kasus positif Covid-19 Omicron di Indonesia.

Jumlah kasus Covid-19 Omicron di Indonesia bertambah dibandingkan data Jumat 31 Desember 2021 yang saat itu hanya terdapat 136 orang.

Sebagian besar kasus Covid-19 Omicron di Indonesia adalah impor dari pelaku perjalanan luar negeri. Namun ada beberapa kasus Covid-19 Omicron di Indonesia yang berasal dari penularan di tingkat lokal.

Diberitakan Kompas.com, Luhut mengatakan, tidak mungkin varian Omicron tidak ada di tengah publik Indonesia. Hal ini sejalan dengan penularan varian baru virus corona ini yang meluas ke banyak negara dan daerah. "Kalau lihat tadi Omicron sudah menyebar ke mana-mana, ya tidak mungkin itu (Omicron)," kata Luhut.

Baca Juga: Covid-19 Omicron Indonesia Bertambah Lagi, Ini Penjelasan Menteri Kesehatan

Untuk mencegah penularan Covid-19 Omicron, masyarakat dihimbau tetap menjalankan protokol kesehatan. Terutama untuk menggunakan masker yang efektif mencegah penularan virus.

Namun tidak semua masker bisa mencegah penularan Covid-19 Omicron. Hasil penelitian menyebutkan hanya ada tiga masker yang efektif untuk mencegah Covid-19 Omicron. Apa saja?

Dilansir dari Kompas.com, pakar penyakit menular Steven Gordon mengatakan bahwa masker dapat menghalangi embusan partikel virus ke udara di sekitar Anda, yang membantu mencegah penyebaran virus. Selain itu, masker juga bisa menjadi penghalang keluarnya droplet saat Anda batuk atau bersin.

"Tapi, masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari paparan virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omnicorn," ucap dia.

Untuk memberikan perlindungan terbaik dari varian Omnicorn, Anda harus memilih masker dengan tingkat filtrasi tinggi yang pas dengan wajah Anda. “Anda harus memastikan bahwa area mulut dan hidung Anda tertutupo dengan baik," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron

Berikut rekomendasi jenis masker yang efektif mencegah Covid-19 varian Omnicorn:

1. N95

Rekomendasi pertama masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker N95. Masker ini, yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, memiliki bentuk yang sangat pas dengan wajah Anda.

Masker ini dilengkapi dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan. Masker N95 sangat efisien dalam menyaringan udara. Jenis masker ini mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

2. KN95

Rekomendasi kedua masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KN95. Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah Anda. Bentuk maske KN95 dapat membentuk lekukan kecil di atas mulut dan hidung Anda yang membuat Anda lebih mudah bernapas saat memakainya. Masker KN95 juga mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

3. KF94

Rekomendasi ketiga masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KF94. Bentuk masker KF94 mirip dengan KN95. Jenis masker ini juga mampu menyaring sekitar 94 persen partikel di udara.

Itulah rekomendasi masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron. Selain menjalankan protokol kesehatan, jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 karena efektif mengurangi tingkat keparahan akibat virus corona semua varian.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru