Produk dan Layanan

Luar biasa, inilah 5 manfaat jus wortel untuk tubuh Anda

Senin, 17 Mei 2021 | 12:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Luar biasa, inilah 5 manfaat jus wortel untuk tubuh Anda

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat jus wortel dengan mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin. Bukan tanpa alasan, Anda bisa mendapat banyak manfaat jus wortel karena jenis sayur itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Tododisca (tododisca.com) mengatakan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin A rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin.

Selain menjaga kesehatan indra penglihatan, tentu saja masih banyak manfaat wortel lainnya yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari mencegah kanker, mencerahkan warna kulit, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Mencegah Kanker

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi wortel efektif mencegah pertumbuhan sel kanker? Beberapa kandungan wortel yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker adalah antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin B6.

Cobalah untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Dengan begitu, kandungan-kandungan tersebut mampu melawan serangan radikal bebas secara maksimal. Tak hanya mencegah kanker, tentu saja wortel bisa mencegah serangan penyakit yang lain.

Baca Juga: Khasiat dan sumber makanan yang kaya vitamin A

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus wortel selanjutnya adalah berguna untuk menurunkan berat badan Anda. Jenis sayur ini dipenuhi dengan serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, wortel juga efektif menstimulasi metabolisme tubuh dan meningkatkan pengeluaran zat racun dari dalam tubuh Anda.

Mencegah Penyakit Jantung

Mengutip dari Tododisca, kalium yang terdapat dalam wortel bisa menurunkan tekanan darah dan jumlah kolesterol. Kolesterol yang menumpuk dapat menghambat aliran darah sehingga kondisi jantung pun terganggu.

Nah, karena wortel bisa menurunkan jumlah kolesterol, tekanan darah menjadi lebih stabil. Dengan begitu, risiko serangan jantung atau jenis penyakit jantung yang lain pun bisa Anda hindari. Selain mengonsumsi jus wortel, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan jenis sayur atau buah yang lain.

Baca Juga: Vitamin A penting untuk anak, ini manfaat serta makanan yang kaya vitamin A

Mencerahkan Warna Kulit

Salah satu manfaat jus wortel adalah mencerahkan warna kulit.

Manfaat jus wortel berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis sayur itu bisa mencerahkan warna kulit. Selain itu, vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam wortel efektif mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, noda hitam, dan garis halus.

Baik untuk Penderita Diabetes

Jika Anda memiliki penyakit diabetes, tidak ada salahnya untuk memasukkan wortel dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari. Jenis sayur itu memiliki kandungan kalori dan gula yang sedikit sehingga mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh.

Selanjutnya: Selain jahe, wortel juga bisa mengurangi batuk-batuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru