kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lidah bisa jadi petunjuk efek samping vaksin Covid-19


Rabu, 28 April 2021 / 08:58 WIB
Lidah bisa jadi petunjuk efek samping vaksin Covid-19


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek samping vaksin Covid-19 adalah hal yang biasa terjadi. Anda bisa mengalami sakit kepala, demam, dan rasa sakit di sekitar bekas suntikan. Namun, tahukah Anda bahwa tingkat keparahan efek samping bisa terlihat di lidah?

Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), lidah yang berwarna putih setelah Anda mendapat vaksin Covid-19 menandakan tubuh Anda dehidrasi. Padahal, memerhatikan cairan dalam tubuh agar tetap terjaga penting untuk dilakukan sebelum dan sesudah divaksin.

Lidah yang berwarna putih menunjukkan adanya penumpukan bakteri dalam mulut Anda. Jika hal itu terjadi, segera minum banyak air putih agar dehidrasi tak semakin parah. Jika terus dibiarkan, ada banyak efek samping vaksin Covid-19 yang Anda alami.

Tidak hanya demam, Anda bisa mengeluarkan lebih banyak keringat, muncul rasa mual, muntah, hingga mengalami diare. Selain itu, risiko mengalami kelelahan dan kram otot akibat vaksin menjadi lebih tinggi. Best Life mengatakan risiko itu meningkat hingga dua kali lipat.

Baca Juga: Ini 5 tanda terinfeksi virus corona meski sudah divaksin

Minum banyak air putih juga dapat membuat efek samping vaksin Covid-19 hilang dengan lebih cepat. Cairan dalam tubuh yang mengalir membuat penyebaran antibodi menjadi lebih lancar. Itulah mengapa efek samping bisa hilang dengan lebih cepat.

Selain minum banyak air putih, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat dehidrasi. Misalnya, jangan mengonsumsi kafein dan alkohol terlalu banyak. Dengan begitu, tubuh tidak akan kekurangan cairan.

Baca Juga: Coba hal ini untuk kurangi efek samping vaksin Covid-19

Meski sudah mendapat vaksin Covid-19, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya. Vaksin hanya mampu mengurangi tingkat keparahan, bukan benar-benar menghindarkan Anda dari infeksi Virus Corona.

Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker yang nyaman dengan cara yang benar, dan rajin cuci tangan. Gunakan sabun dan air mengalir supaya tidak ada kuman yang menempel di kulit tangan. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya: 7 Tips meningkatkan imun saat berpuasa di tengah pandemi corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×