Lezat dan sehat, ini 5 makanan untuk penderita asam urat

Selasa, 30 November 2021 | 07:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Lezat dan sehat, ini 5 makanan untuk penderita asam urat

ILUSTRASI. Supaya kesehatan tubuh tak semakin terganggu, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat adalah salah satu hal yang sangat penting. Dengan begitu, jumlah asam urat menjadi lebih terkontrol sehingga risiko penyakit, seperti radang sendi, dapat berkurang.

Jika Anda memiliki jumlah asam urat dalam tubuh yang cukup tinggi, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Dengan begitu, peradangan bagian tubuh akibat jumlah asam urat yang tak terkontrol dapat Anda hindari.

Melansir Health Central (healthcentral.com), cobalah untuk mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju atau yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk rendah lemak, ya. Jika Anda tidak suka produk olahan susu, masih banyak jenis makanan lain yang bisa Anda jadikan pilihan.

Minyak Zaitun dan Minyak Ikan

Health Central mengatakan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin supaya jumlah asam urat dan rasa sakit di badan bisa berkurang.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang berperan sebagai antiinflamasi. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Asam urat sering kambuh? Ini 5 cara mengatasi asam urat agar tidak mudah kumat

Jeruk Nipis

Salah satu makanan untuk penderitas asam urat adalah jeruk nipis.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis efektif mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang telah dicampur dengan air perasan ½ jeruk nipis. Usahakan untuk melakukan kebiasaan itu setiap pagi.

Buah Ceri

Berikutnya, makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda coba adalah buah-buahan. Sama seperti sayur, kebanyakan buah memiliki jumlah purin yang sedikit. Namun, salah satu jenis buah yang benar-benar efektif menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh adalah ceri.

Anda bisa mengolah buah ceri dalam berbagai macam hidangan. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan yogurt, mengolahnya dulu menjadi smoothies, atau mengonsumsinya dalam bentuk jus. Namun, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan supaya manfaatnya bisa terserap tubuh secara maksimal.

Baca Juga: 10 Pengobatan ala rumahan untuk asam urat, mudah dilakukan!

Teh Hijau

Teh hijau termasuk dalam daftar minuman dan makanan untuk penderita asam urat.

Supaya jumlah asam urat menurun, cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi teh hijau. Antioksidan yang ada di teh hijau mampu mengontrol enzim yang berpengaruh pada pembentukan asam urat. Dengan begitu, radang sendi dan efek asam urat tinggi lain dapat Anda hindari.

Sayur

Sayur termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat yang dapat Anda coba. Mayoritas sayuran memiliki kandungan purin yang sedikit. Jadi, jenis makanan itu bisa Anda masukkan dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Namun, ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya Anda hindari karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Misalnya, kembang kol, jamur, dan bayam. Jika Anda memang ingin mengonsumsinya, usahakan untuk tidak makan jenis sayuran itu lebih dari ½ gelas per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru