Covid-19

Lebih bahaya, ini gejala Covid-19 akibat varian virus corona Delta dari India

Rabu, 16 Juni 2021 | 06:38 WIB Sumber: Kompas.com
Lebih bahaya, ini gejala Covid-19 akibat varian virus corona Delta dari India

ILUSTRASI. Lebih bahaya, ini gejala Covid-19 akibat varian virus corona Delta dari India

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Infeksi virus corona varian Delta dari India turut menyumbang ledakan penambahan harian kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kenali gejala positif Covid-19 akibat virus corona varian Delta dari India agar segera mendapat penanganan tepat dan tidak menular ke orang lain.

Varian virus corona Delta dari India yang disebut 40 persen lebih mudah menularkan Covid-19, mulai menyebar dan banyak terdeteksi di Indonesia. Varian virus corona Delta dari India ini disebutkan dapat meningkatkan risiko perawatan rumah sakit hingga dua kali lipat.

Varian virus corona Delta ini pertama kali ditemukan di India, namun kini telah menyebar luas dan terkonfirmasi ada di 74 negara dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, varian virus corona Delta dari India ini ditemukan telah menginfeksi sejumlah masyarakat di Kudus, Jawa Tengah.

Lantas, adakah gejala positif Covid-19 yang bisa dikenali yang menunjukkan bahwa seseorang terinfeksi virus varian virus corona Delta dari India ini?

Baca juga: Jumlah pasien Covid-19 di RS Wisma Atlet saat ini tembus 5.000 orang

Gejala Covid-19 akibat varian corona Delta dari India

Dikutip dari NBC Miami (10/6/2021), gejala positif Covid-19 dari infeksi virus corona varian Delta dari India pada dasarnya mirip dengan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi virus asalnya. Hanya saja, pada infeksi varian Delta, gejala-gejala positif Covid-19 tersebut akan terjadi dengan lebih parah dan dinilai lebih sulit ditangani melalui penanganan medis.

Gejala positif Covid-19 akibat varian virus corona Delta India sebagaimana disampaikan oleh profesor kedokteran darurat dan kesehatan internasional di Johns Hopkins Universiy, Dr. Bhakti Hansoti meliputi:

  • Sakit perut
  • Hilangnya selera makan
  • Muntah
  • Mual
  • Nyeri sendi
  • Gangguan pendengaran

Editor: Adi Wikanto
Terbaru