Lakukan pencegahan Covid-19 pada anak-anak ini, yuk

Kamis, 23 September 2021 | 12:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Lakukan pencegahan Covid-19 pada anak-anak ini, yuk

ILUSTRASI. Memakai masker merupakan salah satu pencegahan Covid-19 yang perlu dilakukan anak-anak. KONTAN/Baihaki/2/9/2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga berisiko terinfeksi Virus Corona. Maka dari itu, pencegahan Covid-19 pada anak-anak perlu dilakukan. Tujuannya tentu saja supaya kondisi anak tetap sehat.

Mengutip dari Only My Health (onlymyhealth.com), gejala Covid-19 yang dialami anak-anak tidak separah ciri-ciri Virus Corona yang dialami orang dewasa. Bahkan, ada beberapa kasus di mana anak yang terinfeksi penyakit itu tak mengalami gejala sama sekali.

Sayangnya, hal itu justru bisa menjadi hal yang berbahaya. Anak-anak yang tak terdeteksi menderita Covid-19 dapat menularkan virus ke orang lain. Jika tak mendapat perawatan yang sesuai, Virus Corona yang masuk ke tubuh dapat memicu inflamasi yang berdampak sangat buruk untuk kesehatan.

Ada beberapa gejala Covid-19 yang bisa dialami anak-anak. Mulai dari demam, batuk, sesak napas, sakit kepala, muncul masalah pada sistem pencernaan, dan lain sebagainya. Kondisi itu bisa semakin parah saat anak-anak memiliki kondisi kesehatan lain, misalnya obesitas atau penyakit jantung.

Baca Juga: Kedisiplinan menggunakan masker cegah penularan Covid-19

Jangan ragu untuk memeriksakan anak-anak ke dokter jika mengalami gejala tersebut, ya. Apalagi jika gejalanya semakin parah. Contohnya, muncul ruam di kulit atau pembuluh darah pecah di sekitar mata.

Supaya hal-hal tersebut tak dialami anak Anda, ada beberapa pencegahan Covid-19 yang bisa dicoba. Melansir Only My Health, pastikan untuk menjaga jarak anak-anak dengan orang lain. hindari bepergian ke tempat umum yang dipenuhi banyak orang.

Baca Juga: Setelah vaksin Covid-19 minum obat pereda nyeri, bolehkah?

Jika terpaksa pergi ke suatu tempat, usahakan untuk selalu memakai masker dengan ukuran yang pas supaya nyaman ketika digunakan. Beritahu anak untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, baik memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Bersihkan tangan setiap selesai dari toilet, bersin, batuk, sebelum makan, meniup hidung, dan kegiatan lain yang berisiko jadi jalur masuk virus. Jika kondisi memungkinkan, jangan ragu untuk memberikan vaksin Covid-19 anak-anak supaya tubuhnya lebih terlindungi dari serangan Virus Corona.

Selanjutnya: Efek samping vaksin Covid-19 dosis tunggal Janssen dan Convidecia, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru