kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kulit Kepala Anda Sering Gatal? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini


Selasa, 04 Oktober 2022 / 15:18 WIB
Kulit Kepala Anda Sering Gatal? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini
ILUSTRASI. Kulit Kepala Anda Sering Gatal? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Ini.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Kulit kepala gatal tentu membuat Anda tidak nyaman, terlebih jika rasa gatal tersebut tiba-tiba datang. 

Ketombe sering dituduh sebagai biang penyebab masalah gatal di kulit kepala, padahal ada faktor lain yang bisa menimbulkan masalah ini. 

Cara penanganan kulit kepala gatal berbeda sesuai dengan penyebab gatal tersebut. 

Apa saja penyebab dan cara mengatasi kulit kepala gatal? Simak rangkumannya berikut dari situs ners.unair.ac.id.

Baca Juga: Waspada, Ini Bahaya Gas Air Mata Pada Organ-Organ Tubuh Selain Mata

Penyebab kulit kepala gatal

1. Ketombe

Ketombe merupakan penyebab kulit kepala gatal yang paling sering. Ketombe bisa disebabkan oleh jamur dan penumpukan minyak serta sel-sel kulit mati di kepala. 

Kondisi-kondisi tersebut memicu rasa gatal di kulit kepala. Selain itu, ketombe juga bisa muncul akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok atau jarang mencuci rambut.

2. Psoriasis

Psoriasis adalah masalah kulit kepala yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu cepat sehingga kulit menebal dan bersisik. 

Area kulit yang mengalami psoriasis akan terlihat kemerahan dan ditutupi oleh serpihan kulit seperti sisik berwarna keperakan.

Psoriasis merupakan penyakit kronis dan paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan leher bagian belakang.

Gejala psoriasis di kulit kepala berupa ketombe yang menempel pada batang rambut, serta bercak tebal pada kulit kepala yang berwarna keperakan dan akan berdarah jika dikelupas. 

Bercak psoriasis juga dapat menyebar hingga keluar dari garis rambut dan menimbulkan rasa gatal, bahkan sakit.

3. Kurap

Jika kulit kepala Anda gatal namun tidak ada ketombe dan psoriasis, kurap bisa menjadi sebabnya. 

Kurap pada kulit kepala menimbulkan ruam dengan pinggiran yang terasa menonjol saat diraba. Kurap merupakan infeksi jamur pada lapisan luar kulit kepala dan rambut. 
Gejala yang muncul cukup bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bersisik, atau kebotakan pada area yang terkena kurap. Kurap dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah.

Selain penyebab diatas di atas, alergi pada produk perawatan rambut, seperti hair spray atau gel rambut, juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal. 

Bukan hanya bisa menimbulkan reaksi alergi, hair spray juga membuat rambut mengeras dan memberikan sensasi seperti rambut ditarik, sehingga membuat kulit kepala terasa gatal.

Baca Juga: Klik Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id & Kemnaker.go.id Buat Cek BSU Tahap 4, Ini Caranya

Cara menyembuhkan kulit kepala gatal

1. Ketombe

Jika ketombe yang Anda alami tidak tergolong parah, sampo yang mengandung zinc pyrithione atau selenium bisa digunakan untuk menyembukan masalah ini. 

Zinc pyrithione dapat mengurangi jamur penyebab ketombe dan kulit kepala gatal.

Selain itu, sampo dengan kandungan bahan alami, seperti ekstrak minyak eukaliptus juga ampuh menyembuhkan ketombe ringan. 

Selain harum harum, bahan alami ini juga dapat membersihkan minyak dan kotoran di kulit kepala, sehingga rambut serta kulit kepala terasa bersih dan segar.

2. Psioriasis

Jika psioriasis masih dalam tingkat ringan hingga sedang, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) dan minyak atau krim yang mengandung coal tar.

Anda dapat menggunakan pelembap dalam bentuk salep oles untuk menghilangkan gatal-gatal di kepala

Larutan cuka apel juga bisa mengatasi kulit kepala gatal. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya seperti berikut ini:

  • Campurkan 2 sendok air dan 1 sendok cuka apel.
  • Oleskan larutan ini ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit, kemudian cuci rambut Anda.
  • Lakukan selama beberapa kali dalam seminggu.

Jika cara-cara tersebut justru membuat kulit kepala Anda semakin gatal atau perih, segera bilas rambut hingga bersih dan hentikan penggunaannya. 

Segera konsultasi dengan dokter untuk mengetahui obat apa yang paling cocok untuk mengatasi masalah kulit kepala Anda.

3. Kurap

Untuk mengatasi infeksi jamur ini dan mencegah penularan ke orang lain atau ke area tubuh lain, dokter akan menyarankan penggunaan sampo khusus untuk menghilangkan jamur dari kulit kepala.

Dokter juga akan meresepkan antijamur dalam bentuk obat minum, seperti griseofulvin dan terbinafine, yang perlu dikonsumsi sekitar 6 minggu.

Penting untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari beragam penyebab masalah di kulit kepala, termasuk kulit kepala gatal. 

Jika gatal terasa sangat mengganggu dan berlarut-larut, segera konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×