Kulit Anda Berminyak? Coba 5 Cara Alami Atasi Masalah Kulit Berminyak Ini

Jumat, 26 Agustus 2022 | 13:01 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Kulit Anda Berminyak? Coba 5 Cara Alami Atasi Masalah Kulit Berminyak Ini

ILUSTRASI. Kulit Anda Berminyak? Coba 5 Cara Alami Atasi Masalah Kulit Berminyak Ini.


KONTAN.CO.ID - Cukup banyak masyarakat yang mengalami masalah kulit, khususnya kulit berminyak. Anda mungkin sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. 

Kulit berminyak tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat, komedo, dan juga masalah pori-pori tersumbat.

Sekarang, sudah banyak produk perawatan kulit wajah yang diklaim dapat memberikan hasil maksimal seperti mengurangi masalah kulit berminyak.

Neny Triastuti, Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), membagikan 5 tips tentang cara atasi masalah kulit berminyak secara alami:

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru BUMN Virama Karya 2022, Banyak Posisi Dibuka

1. Rutin membersihkan wajah

Menurut Neny, cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Hal ini dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit sekaligus membersihkan kulit wajah.

"Gunakan air hangat saat mencuci muka di rumah, dan lakukan hal tersebut di pagi hari dan malam hari sebelum tidur," jelasnya, seperti dikutip dari situs UM Surabaya.

2. Menggunakan skincare

Cara kedua mengatasi kulit berminyak adalah menggunakan skincare secara rutin. Neny bilang, untuk menangkal wajah dari minyak berlebih, perlu rutin memakai skincare di rumah. 

Salah satunya gunakan toner bebas alkohol yang dapat mengurangi minyak, sekaligus melembabkan kulit.

Selain itu, membersihkan wajah dengan toner dapat menghilangkan kulit mati, kotoran, dan juga mengecilkan masalah pori-pori. Lakukan ini dengan cara menggosoknya secara pelan di kulit wajah.

Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan dengan memakai masker alami. Bahan masker bisa menggunakan madu, multani mitti, oatmeal, hingga tomat. 

"Masker dengan bahan alami ini dapat mengendalikan kadar sebum di wajah. Tak lupa, gunakan pelembap wajah agar kulit tetap terhidrasi, juga krim siang untuk melindungi kulit dari sinar matahari," ucap Neny yang juga dokter kecantikan.

3. Mengatur pola makan

Selanjutnya adalah mengatur pola makan sehat dan hindari makanan berlemak. Seseorang bisa menghindari makanan pedas, manis, dan juga goreng-gorengan, karena makanan ini bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.

"Hindari sementara makanan ini dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti susu, sayuran dan juga vitamin yang cukup. Imbangi juga dengan mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, daging, dan juga telur," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjang STNK Online Lewat Aplikasi Signal, Anda Sudah Coba?

4. Banyak minum air putih

Cara mengatasi kulit berminyak yang keempat yaitu dengan banyak konsumsi air putih.  

Mengonsumsi air mineral dapat menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus membantu mencegah produksi sebum dan minyak yang berlebih. Seseorang bisa mengonsumsinya sebanyak 7 hingga 8 gelas selama sehari.

5. Menggunakan riasan tipis

Langkah terakhir untuk mengurangi kulit berminyak adalah menggunakan riasan tipis. Menggunkaan riasan makeup secara tipis saat keluar dari rumah.

"Tidak perlu berlebihan, karena menggunakan banyak riasan bisa menyumbat pori-pori wajah, memproduksi minyak, hingga menyebabkan jerawat dan komedo," jelas Neny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru