kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.700.000   20.000   0,75%
  • USD/IDR 17.890   8,00   0,04%
  • IDX 6.302   -72,08   -1,13%
  • KOMPAS100 823   -12,50   -1,50%
  • LQ45 627   -6,68   -1,05%
  • ISSI 217   -3,15   -1,43%
  • IDX30 351   -3,41   -0,96%
  • IDXHIDIV20 427   -2,06   -0,48%
  • IDX80 94   -1,35   -1,41%
  • IDXV30 117   -1,05   -0,89%
  • IDXQ30 111   -0,62   -0,56%

Konsumsi kafein bisa menurunkan berat badan?


Senin, 20 April 2020 / 14:23 WIB
ILUSTRASI. Ilustrasi sehat


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Konsumsi kafein dengan takaran yang tepat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. 

Kabar baiknya, ternyata ada khasiat "tersembunyi" kafein yang berguna di masa pembatasan sosial seperti sekarang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods mengungkap, kafein berpotensi memperlambat kenaikan berat badan. 

Pada penelitian ini, sekelompok tikus laboratorium menerapkan diet padat lemak selama sebulan, dan beberapa dari mereka mendapat setara empat cangkir kafein per hari yang diekstrak dari teh mate --minuman asal Amerika Selatan.

Baca Juga: Peminum kopi punya tulang yang lebih kuat, benarkah?

Hasilnya, tikus yang mengonsumsi kafein mengalami 16 persen penurunan kenaikan berat badan danmemiliki 22 persen lebih sedikit lemak tubuh dibandingkan tikus yang tidak memperoleh asupan kafein. 

"Mempertimbangkan temuan ini, teh mate dan kafein dapat dianggap sebagai agen anti-obesitas," kata Elvira Gonzalez de Mejia, penulis studi dan direktur divisi ilmu gizi di University of Illinois. 

"Hasil penelitian ini dapat diterapkan ke manusia untuk memahami peran kafein sebagai strategi mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta gangguan metabolisme terkait kondisi ini," tambahnya.  

Kafein bisa membantu mengimbangi beberapa risiko kesehatan dan membatasi kenaikan berat badan dengan membatasi berapa banyak lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak. 

Namun, ada baiknya kita tidak mengonsumsi kopi terlalu banyak dalam satu hari --apalagi menambahkan gula dan susu ke dalamnya-- atau meminum kopi setelah jam tiga sore, karena itu akan membuat jadwal tidur kita terganggu. (Gading Perkasa) 

Baca Juga: Ini manfaat bayam untuk kesehatan tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kafein Berpotensi Memperlambat Kenaikan Berat Badan, Benarkah?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
KONTAN DIGITAL PREMIUM ACCESS
Kontan Academy
[Intensive Workshop] Business Dashboard, From Excel to Power BI Effective Warehouse Management

[X]
×