kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi 4 makanan ini bisa jadi cara diet alami, lo


Senin, 15 Maret 2021 / 08:42 WIB
Konsumsi 4 makanan ini bisa jadi cara diet alami, lo
ILUSTRASI. Mengonsumsi teh hijau termasuk salah satu cara diet alami. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Tentu saja ada banyak cara diet alami yang bisa Anda lakukan sehingga kondisi kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Biasanya, kelebihan berat badan dilatarbelakangi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kondisi tubuh juga berpengaruh terhadap berat badan. Misalnya, ketidakseimbangan atau perubahan hormon, stres, atau konsumsi jenis obat tertentu.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat program diet yang sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Mulai dari asparagus, lemon, madu, dan lain sebagainya.

Biji-bijian Utuh

Cara diet alami bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi biji-bijian utuh secara rutin. Mengutip dari Possible (possible.in), mengonsumsi biji-bijian utuh mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Artinya, berat badan Anda pun bisa berkurang.

Saat mengonsumsi biji-bijian utuh, tubuh membutuhkan lebih banyak energi daripada saat Anda mengonsumsi jenis makanan yang lain. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi biji-bijian utuh, seperti oatmeal atau brown rice membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: Tips menurunkan berat badan secara cepat

Teh Hijau

Kandungan dalam teh hijau berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan zat racun lebih banyak, meningkatkan metabolisme, dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti kopi atau teh biasa yang Anda konsumsi dengan teh herbal karena lebih sehat.

Asparagus

Melansir Possible, asparagus mengandung asparagine yang mampu memecah asam oksalat. Asam oksalat adalah salah satu komponen yang bertanggung jawab pada pembentukan lemak tubuh sehingga berat badan Anda bisa berkurang.

Tidak berhenti sampai di situ, asparagus dipenuhi pula dengan serat dan hanya megandung 27 kalori. Selain menurunkan berat badan, mengonsumsi asparagus juga bisa memaksimalkan kinerja ginjal dan sirkulasi darah.

Baca Juga: 3 Cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Madu dan Lemon

Mengonsumsi lemon dan madu bisa jadi salah satu cara diet alami.

Cara diet alami lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi madu dan lemon. Kombinasi bahan alami itu mampu meningkatkan metabolisme sehingga ada lebih banyak lemak tubuh yang terbakar.

Selain cocok dikonsumsi sebagai menu diet sehat, madu dan lemon mengandung banyak antioksidan dan sedikit kalori. Artinya, bahan alami itu bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan berlebih pun berkurang.

Selanjutnya: Simak 7 cara menurunkan berat badan dalam seminggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×