Kondisi Nick Cordero membaik pasca menjalani operasi amputasi

Senin, 27 April 2020 | 14:09 WIB Sumber: Kompas.com
Kondisi Nick Cordero membaik pasca menjalani operasi amputasi

ILUSTRASI. Nick Cordero dengan anak dan istrinya


KONTAN.CO.ID - Kondisi Nick Cordero, bintang Broadway mulai membaik setelah menjalani operasi amputasi. 

Kaki Nick harus diamputasi karena mengalami pembekuan darah akibat komplikasi dari Covid-19. 

Kabar ini dibagikan oleh istri Nick Amanda Kloots melalui video di Instagram story-nya, dan menyampaikan bahwa detak jantung Cordero "telah terkendali". 
Adapun, Cordero menjalani prosedur pembedahan minggu lalu dan sempat mengalami koma yang membuatnya diinduksi secara medis segera setelahnya. 

Baca Juga: Kaki Nick Cordera harus diamputasi karena komplikasi dari virus corona

Dalam Insta Story-nya, Kloots menuliskan bahwa Nick Cordero memakai alat pacu jantung sementara di dalam organnya karena terjadi penurunan pada detak jantungnya.

"Jadi, kami baru saja mendapat telepon dari dokternya dan sepertinya dia mengalami detak jantung yang tidak teratur tadi malam yang cukup membuat mereka takut ingin melakukan alat pacu jantung sementara di jantung Nick," kata Amanda Kloots dalam Insta Story-nya. 

Ia mengatakan, jantung Nick berfungsi dengan baik, tetapi dia mengalami penurunan detak jantungnya untuk sementara waktu.

"Yang terakhir kali ini tampaknya cukup sehingga mengharuskan mereka melakukan prosedur ini untuk meletakkan alat pacu jantung sementara di dalam jantungnya, sehingga setiap saat mereka perlu melakukan beberapa prosedur di masa depan untuk membantunya menjadi lebih baik, mereka tidak perlu khawatir detak jantungnya turun lagi," ucap Amanda Kloots.

Pada Sabtu (25/4/2020) pagi, Amanda Kloots melanjutkan utas Instagram Story-nya dengan berbagi dalam pesan video lain. 

"Dia baik-baik saja dengan alat pacu jantung. Detak jantungnya sudah terkendali," kata Amanda Kloots. Amanda Kloots kemudian mengatakan, dua hari berikutnya berjalan lancar dan merupakan "hari istirahat yang mudah" untuk Nick Cordero, di mana dokter akan mengeluarkan ventilator dan memasukkan trach, diikuti dengan selang makanan. 

Mengenai keputusan untuk mengamputasi kaki Nick Cordero, Amanda Kloots mengatakan kepada presenter Kathy Park pada acara televisi Today bahwa itu merupakan pilihan yang sulit.

"Sampai pada titik di mana sejujurnya itu adalah hidup atau kaki dan kami harus memilih kehidupan," ucap Amanda Kloots. Nick, bintang The Waitress, sekarang telah memakai mesin EMCO, digunakan untuk membantu mengoksigenasi darah, guna menyelamatkan hidupnya.

Halaman GoFundMe yang dibuat seminggu lalu untuk mengumpulkan dana untuk biaya kesehatan Nick Cordero telah meningkat, dengan target sebesar 450.000 dolar atau Rp 6,9 miliar. 

Pada saat berita ini dilansir telah mencapai 435.120 dolar telah dikumpulkan oleh 7.500 donor. Sementara itu, tagar #wakeupnick digunakan secara luas untuk menyebarkan pesan positif tentang harapan di media sosial. 

Amanda tak lupa untuk berterima kasih kepada setiap perawat dan dokter yang merawat Nick Cordero dan semua pasien Covid-19, menyebut mereka semua adalah pahlawan kesehatan. 

Diketahui, Nick Cordero masuk rumah sakit untuk perawatan intensif pada 31 Maret 2020, kemudian ia didiagnosis positif virus corona.

Amanda Kloots mengumumkan minggu ini bahwa Nick Cordero telah sembuh dari virus corona setelah dua kali tes hasilnya negatif dan tengah berfokus pada proses pemulihan.(Andika Aditia) 

Baca Juga: Ingat, makan berlebihan saat buka puasa dan sahur bisa turunkan imunitas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nick Cordero Membaik Usai Diamputasi karena Komplikasi Covid-19", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru