kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi ini menyebabkan infeksi virus corona semakin parah


Kamis, 11 Maret 2021 / 15:42 WIB
Kondisi ini menyebabkan infeksi virus corona semakin parah
ILUSTRASI. Obesitas jadi salah satu faktor yang memperparah infeksi Virus Corona. REUTERS/Lucy Nicholson


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain mewaspadai gejala Covid-19, Anda juga perlu memerhatikan faktor-faktor yang memperparah infeksi virus corona. Menurut penelitian terbaru, kelebihan berat badan atau obesitas jadi salah satu faktor yang memperparah Covid-19.

Hasil penelitian itu dilaporkan oleh CDC atau Centers for Disease Control and Prevention. Melansir Best Life, penelitian itu melibatkan 148.494 pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumahsakit.

Hasilnya, 28,3% pasien memiliki berat badan berlebih dan 50,2% pasien mengalami obesitas. Artinya, 78,5% pasien Covid-19 yang dirawat di rumahsakit memiliki berat badan di atas batas normal.

Meski bisa dialami oleh orangtua, gejala Covid-19 itu menjadi masalah pada pasien yang berusia kurang dari 65 tahun.

Mengutip dari Best Life, laporan penelitian juga menyebutkan, obesitas lebih sering dialami oleh wanita dewasa. Tak hanya memperparah infeksi virus corona, obesitas juga berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Waspada! 4 ciri-ciri Covid-19 ini tak banyak disadari

Baca Juga: 3 Dampak virus corona ini tidak boleh Anda abaikan, hati-hati!

Obesitas mampu meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Hasil penelitian itu menunjukkan, masyarakat perlu memerhatikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin. Mengatur pola makan pun perlu dilakukan supaya berat badan tidak berlebih.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang berpotensi dilakukan dengan banyak orang. Jika Anda terpaksa melakukannya, jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal 1,5 m.

Selain itu, selalu pakai masker dengan cara yang benar dan cuci tangan dengan air dan sabun mengalir. Dalam keadaan darurat, Anda bisa mengganti sabun dan air dengan hand sanitizer.

Tidak berhenti sampai di situ, hindari tempat-tempat dengan risiko penularan virus corona yang tinggi, seperti restoran atau kafe.

Selanjutnya: 4 Gejala virus corona ini tak banyak disadari, waspada!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×