kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komorbid kerap terdengar saat pandemi Covid-19, apa itu?


Kamis, 15 Juli 2021 / 09:23 WIB
Komorbid kerap terdengar saat pandemi Covid-19, apa itu?
ILUSTRASI. Komorbid adalah istilah kedokteran untuk menunjukkan penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Istilah komorbiditas atau jamak dikenal dengan komorbid kerap terdengar beberapa waktu belakangan. Dalam Covid-19, beberapa jenis komorbid yang kerap disebut di antaranya penyakit jantung, diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, stroke, dll. 

Berikut penjelasan apa itu komorbid dan contoh jenis komorbid yang umum. 

Apa itu komorbid? 

Komorbid adalah istilah kedokteran untuk menunjukkan penyakit penyerta selain penyakit utama yang sedang diderita. 

Dilansir dari Britannica, komorbid atau komorbiditas biasanya terkait dengan penyakit kronis. Komorbid rentan membuat kondisi kesehatan penderita ketika terkena suatu penyakit menjadi lebih rawan, dan membutuhkan perawatan kesehatan yang lebih kompleks. 

Melansir Verywell Health, komorbid tidak hanya mencakup penyakit fisik, namun juga bisa terkait gangguan kesehatan mental. Berikut beberapa contoh komorbid suatu penyakit: 

Baca Juga: Hamil di masa pandemi Covid-19, ini perencanaan kehamilan yang baik

- Obesitas 

Orang yang obesitas biasanya memiliki komorbid seperti diabetes tipe 2, hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kolesterol tinggi, penyakit jantung, stroke, radang sendi, gangguan tidur apnea, penyakit asam urat, osteoarthritis, kanker, sampai depresi. 

- Diabetes 

Penderita diabetes biasanya memiliki komorbid seperti fatty liver, penyakit jantung, penyakit ginjal, obesitas, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi. 

Baca Juga: 4 Tingkatan gejala Covid-19 dan prosedur perawatannya

- Depresi dan gangguan kecemasan 

Contoh komorbid yang umum di bidang kesehatan mental adalah depresi dan gangguan kecemasan. Menurut sejumlah ahli, orang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya juga memiliki gejala depresi. Demikian juga sebaliknya. 




TERBARU

[X]
×