kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kombinasi Makanan Ini 2 Kali Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Pas Buat Diet


Kamis, 02 Februari 2023 / 18:32 WIB
Kombinasi Makanan Ini 2 Kali Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Pas Buat Diet
ILUSTRASI. Kombinasi Makanan Ini 2 Kali Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Pas Buat Diet


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Agar berat badan bisa cepat turun, Anda bisa mencoba mengombinasikan dua jenis makanan kaya nutrisi berikut ini.

Setiap jenis makanan mengandung nutrisi hingga kalori yang berbeda. Mengombinasikan dua atau lebih makanan bisa membantu menurunkan lebih banyak kalori dan menambah asupan nutrisi saat diet.

Bersumber dari Webmdn kombinasi dua atau lebih jenis makanan disarankan saat menjalani diet karena setiap jenis makanan tersebut mengandung nutrisi yang berbeda dan saling melengkapi. 

Dengan menggabungkan beberapa jenis makanan, Anda merasa kenyang lebih lama dan membakar kalori lebih banyak dibandingkan hanya mengonsumsi satu jenis makanan.

Baca Juga: Unhan Buka Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2023 Jalur Beasiswa, Simak Persyaratannya

Bagi pemula sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dan jangan asal menghindari memakan sesuatu. 

Apa saja makanan yang baik dikombinasi untuk menurunkan berat badan? berikut ini beberapa jenis makanan rendah kalori yang bisa dikonsumsi saat diet:

  • Alpukat dan sayuran hijau

Sayuran hijau sangat disarankan untuk disantap saat sedang menjalani program penurunan berat badan. Sayuran hijau seperti bayam memiliki kalori yang sedikit namun tinggi nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi saat diet. 

Namun, hanya menyantap sayuran hijau saja akan membuat Anda susah kenyang. Agar mengenyangkan, Anda bisa menyajikan bayam dengan buah alpukat. 

Buah ini memiliki lemak baik yang cukup untuk membuat Anda kenyang namun tetap membantu menurunkan berat badan. 

Alpukat juga membantu tubuh untuk menyerap zat-zat antioksidan dalam sayuran. 

  • Ayam dan cabai rawit

Saat sedang diet, Anda tidak perlu terus-menerus mengonsumsi sayuran atau protein nabati untuk menghindari penambahan berat badan. 

Protein hewani seperti daging dada ayam baik dikonsumsi para pejuang diet. Dikutip dari webmd.com, satu porsi daging dada ayam mengandung 27 gram protein dengan kurang dari 150 kalori. 

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Agar kalori yang terbakar lebih banyak, sajikan daging dada ayam dengan cabai rawit.

Baca Juga: Rekrutmen CASN Tahun 2023 Bakal Dibuka, 2 Formasi Ini Paling Banyak Dibutuhkan

  • Teh hijau dan lemon

Teh hijau memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bahan minuman sehat ini mengandung kalori yang rendah serta antioksidan bernama catechins

Jenis antioksidan ini bisa membantu membakar kalori dan lemak tubuh. Saat menjalani diet, disarankan untuk mengonsumsi 4 gelas teh hijau setiap harinya. 

Agar lebih menyehatkan, Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon. Selain membakar kalori dan lemak, meminum teh hijau secara rutin juga bisa menjaga tekanan darah. 

  • Telur, kacang hitam, dan paprika

Berdasarkan penelitian di Journal of American College of Nutrition, orang yang sarapan dengan telur akan makan lebih sedikit dari biasanya dibandingkan dengan yang sarapan dengan roti bagel. 

Agar lebih mengenyangkan, tambahkan kacang hitam dan paprika bersama dengan sajian telur saat sarapan. Kedua jenis makanan ini mengandung fiber yang cukup tinggi sehingga membuat Anda lebih kenyang.

Baca Juga: Demokrasi-Demokrasi yang Pernah Berlaku di Indonesia dan Tahun Berlakunya Demokrasi

  • Daging dan brokoli

Selain daging dada ayam, daging sapi tampa lemak bisa jadi pilihan sumber protein hewani untuk menurunkan berat badan. 

Daging sapi mengandung banyak protein dan zat besi. Kedua zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah baru. 

Agar lebih efektif membantu program diet, tambahkan rebusan atau tumisan brokoli. Sayuran ini mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi. 

  • Oatmeal dan kacang walnut

Kombinasi makanan selanjutnya yang baik untuk menurunkan berat badan adalah oatmeal dan kacang walnut. 

Dua bahan makanan ini mengandung banyak fiber. Zat ini cukup lama dicerna dalam tubuh sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Anda bisa mencampur oatmel sebanyak 4 gram dan kacang walnut 2 gram untuk dikonsumsi saat sarapan agar kenyang lebih lama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×