Kolesterol naik akibat kebanyakan daging? Simak cara menurunkan tanpa obat-obatan

Rabu, 21 Juli 2021 | 06:50 WIB Sumber: Kompas.com
Kolesterol naik akibat kebanyakan daging? Simak cara menurunkan tanpa obat-obatan

ILUSTRASI. Kolesterol naik akibat kebanyakan daging? Simak cara menurunkan tanpa obat-obatan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kolesterol naik bisa terjadi setelah kebanyakan konsumsi daging kurban. Namun jangan khawatir, ada cara mudah menurunkan kolesterol tanpa obat.

Salah satu cara menurunkan kolesterol tanpa obat adalah konsumsi sejumlah makanan tertentu. Simak beberapa daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Memiliki kadar kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Oleh sebab itu, kadar kolesterol jahat harus dikontrol selagi meningkatkan kadar kolesterol baik.

Dilansir dari Healthline dan Harvard Health Publishing, berikut adalah 7 cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah tanpa obat:

1. Kacang-kacangan

Cara pertama menurunkan kolesterol jahat dalam darah tanpa obat adalah konsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan produk nabati yang mengandung banyak serat, mineral, dan protein. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan terhadap 26 penelitian terkontrol secara acak menunjukkan bahwa makan 100 gram kacang-kacangan per hari efektif untuk menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: Kolesterol naik? Air rebusan akar manis bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi

2. Alpukat

Cara kedua menurunkan kolesterol jahat dalam darah tanpa obat adalah konsumsi alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan sumber lemak serta serat tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan memiliki kolesterol tinggi yang mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterolnya secara signifikan.

3. Ikan berlemak

Cara ketiga menurunkan kolesterol jahat dalam darah tanpa obat adalah konsumsi ikan berlemak. Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menambah jumlah kolesterol baik serta menurunkan risiko peradangan. Ingat, cara paling sehat untuk memasak ikan adalah dengan mengukus dan merebus. Ikan yang digoreng justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Simak cara menurunkan kolesterol di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru