Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha
KONTAN.CO.ID - JCB International, Bank Danamon, dan Noage International menjalin kolaborasi strategis dalam upaya memperluas pasar layanan kesehatan Jepang ke Indonesia, khususnya menyasar segmen nasabah premium.
Kemitraan ini menjadi bagian dari strategi jangka panjang JCB untuk memperkuat ekosistem nilai tambah di luar layanan pembayaran, serta membuka akses pasar baru bagi penyedia layanan medis Jepang.
“Melalui kerja sama ini, kami ingin memposisikan JCB tidak hanya sebagai penyedia solusi pembayaran, tetapi juga sebagai penghubung antarnegara dalam layanan bernilai tambah, khususnya dalam sektor kesehatan dan wellness,” ujar Yo Sato, PT JCB International Indonesia dalam penandatangan perjanjian kerjasama antara JCB, Danamon, dan Noage yang dihadiri KONTAN, Rabu (21/5).
Baca Juga: Buka Akses dan Peluang Baru, KAI Logistik Teken MoU dengan GP Ansor Jatim
Ia menambahkan bahwa Indonesia dipilih sebagai salah satu pasar kunci karena volume perjalanan yang tinggi ke Jepang dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan layanan kesehatan preventif.
Bank Danamon, sebagai mitra lokal yang mengelola nasabah kelas atas dan segmen affluent, melihat kerja sama ini sebagai langkah untuk memperluas portofolio layanan gaya hidup nasabah, sejalan dengan strategi bank dalam mengintegrasikan solusi keuangan dan non-keuangan.
“Kami melihat bahwa kolaborasi lintas industri seperti ini penting untuk mempertahankan loyalitas nasabah dan memperkuat posisi kami di segmen prioritas,” ujar Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Dari sisi Noage International, kerja sama ini menjadi peluang untuk memperluas jangkauan pasar luar negeri, khususnya Asia Tenggara.
Baca Juga: Hyundai Kembali Buka Akses Charging Station Berlangganan,Harga Mulai Rp170 Ribu/Bulan
"Bagi kami, Indonesia adalah pasar strategis yang belum tergarap optimal. Kemitraan ini memungkinkan kami menguji model layanan internasional yang lebih personal dan terintegrasi,” ungkap Tetsuro Yoshihara, CEO Noage Internasional.
Kemitraan ini merupakan bagian dari tren global integrasi lintas sektor antara finansial, kesehatan, dan pariwisata. JCB menyatakan bahwa inisiatif ini juga sejalan dengan strategi mereka untuk meningkatkan traffic inbound ke Jepang dari pasar Asia Tenggara pascapandemi.
Selain itu, pendekatan ini turut membuka peluang baru bagi sektor hospitality dan ritel di Jepang melalui segmentasi turis berbasis kebutuhan medis.
Ketiga pihak sepakat bahwa keberhasilan inisiatif ini dapat menjadi model bagi kolaborasi serupa di masa depan, dengan potensi replikasi di negara-negara lain yang memiliki basis pengguna kartu JCB dan permintaan tinggi terhadap layanan medis berkualitas tinggi.
Selanjutnya: Harga Kambing Kurban di NTT Menurut Dompet Dhuafa 2025, Termurah Rp 1,75 Juta
Menarik Dibaca: SAP Umumkan Kemitraan Strategis dan AI Baru untuk Skala Bisnis
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News