Khasiat jambu biji, dari imun tubuh hingga mengontrol diabetes

Kamis, 26 November 2020 | 05:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Khasiat jambu biji, dari imun tubuh hingga mengontrol diabetes

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Antioksidan, vitamin C, dan nutrisi lain dalam jambu biji mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan Anda. Berikut ini manfaat jambu biji yang bisa Anda rasakan.

Mengontrol Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi jambu biji bisa dijadikan kebiasaan. Serat dalam jambu biji berguna untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Tak hanya itu, makan jambu bijii juga bisa jadi cara mencegah sembelit.

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), mengonsumsi buah jambu biji tanpa kulit mampu menurunkan gula darah dan kolesterol Anda. Hal yang sama juga bisa Anda dapat dari mengonsumsi ekstrak daun jambu biji.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dikatakan, serat dalam jambu biji mampu menurunkan jumlah kolesterol. Hal itu berdampak pada tekanan darah yang lebih stabil sehingga kesehatan jantung bisa terjaga. 

Baca Juga: Bantu diet, berikut daftar buah-buahan penurun berat badan

Polisakarida, salah satu tipe karbohidrat, dalam jambu biji juga berfungsi sebagai antioksidan. Artinya, berbagai macam penyakit bisa dicegah, termasuk risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh merupakan salah satu komponen penting yang Anda perlukan untuk mencegah infeksi penyakit. Salah satu nutrisi dalam jambu biji yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah vitamin C.

Stylecraze mengatakan bahwa vitamin juga mampu menjaga seld ari kerusakan. Dengan begitu, risiko penyakit parah, seperti kanker, artritis, dan jenis penyakit lain, bisa berkurang. Usahakan untuk makan jambu biji yang matang agar vitamin C bisa Anda konsumsi secara maksimal.

Meredakan Nyeri Haid

Salah satu manfaat jambu biji adalah meredakan nyeri haid.

Bagi sebagian wanita, siklus haid tiap bulan adalah salah satu hal yang menyakitkan. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jambu biji.

Baca Juga: Wow! Ini manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh

Menurut sebuah penelitian, nyeri haid yang dialami 197 wanita berkurang setelah mereka mengonsumsi 6 mg obat yang mengandung ekstrak jambu biji tiap hari. Tak hanya itu, ekstrak jambu biji juga mampu meredakan kram yang Anda alami akibat haid.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jambu biji lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah buah ini cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet. Jambu biji hanya mengandung 38 kalori. Selain itu, serat dalam buah ini juga mampu membuat Anda merasa kenyang sehingga menurunkan risiko mengonsumsi makanan lain secara berlebihan.

Selanjutnya: Ini makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan Demam Berdarah Dengue (DBD)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru