kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Khasiat daun salam berguna untuk kesehatan kulit dan rambut


Sabtu, 28 November 2020 / 14:30 WIB
Khasiat daun salam berguna untuk kesehatan kulit dan rambut


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain berguna dalam membuat berbagai macam hidangan, manfaat daun salam bisa untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Khasiat daun salam berasal dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut manfaat daun salam yang bisa Anda dapatkan:

Luka ringan

Karena mengandung antiinflamasi, daun salam bisa Anda manfaatkan untuk mengobati luka ringan di kulit Anda. Tak hanya itu, daun salam juga mengandung disinfektan sehingga kemerahan, iritasi, dan bekas gigitan serangga bisa teratasi dengan baik.

Jerawat

Apakah Anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat? Jika iya, masalah kulit tersebut bisa diatasi dengan memakai daun salam.

Bersumber dari Cookist.com, fungsi tersebut berasal dari kandungan antibakteri dan antiinflamasi.

Selain itu, daun salam juga berguna untuk menyeimbangkan dan mengurangi produksi sebum. Artinya, pori-pori menjadi tidak mudah tersumbat.

Namun, Anda tetap perlu memerhatikan porsi daun salam yang dipakai, ya. Jangan sampai menggunakannya secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Manfaat air rebusan daun salam sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Meluruskan rambut

Salah satu khasiat daun salam adalah untuk meluruskan rambut.

Rambut yang kering dan kusam bisa membuat penampilan kurang maksimal, kan? Nah, Anda bisa menggunakan daun salam untuk mengatasi masalah itu.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, rebus beberapa helai daun salam selama 20 menit lalu saring dan diamkan hingga dingin.

Gunakan air rebusan daun salam itu pada rambut sebelum memakai sampo. Hasilnya, rambut Anda akan lebih lurus dan terlihat berkilau.

Kutu rambut

Khasiat daun salam lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah mengusir kutu rambut. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan 50 g daun salam yang sudah dipotong.

Selanjutnya, rebus daun salam yang sudah dipotong dalam 400 ml air. Setelah air berkurang sekitar 100 ml, saring air rebusan itu lalu gunakan dari akar hingga ujung rambut.

Anda perlu mendiamkan air rebusan daun salam pada rambut selama tiga jam agar bisa bekerja secara maksimal kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat minum air rebusan daun salam untuk kesehatan tubuh Anda

Ketombe dan rambut rontok

Ketombe dan rambut rontok merupakan masalah lain yang dialami oleh banyak orang. Anda tak perlu khawatir karena maslah itu bisa diatasi dengan memakai daun salam. Menurut Cookist.com, daun salam bisa menyehatkan kulit kepala.

Tak hanya itu, kandungan dalam daun salam juga berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan daun salam setelah mencuci rambut secara rutin agar manfaatnya terasa secara maksimal.

Selanjutnya: Tidak hanya jadi obat asam urat, ini manfaat daun salam sebagai obat herbal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×