Kesehatan Umum

Ketakutan ekstrem terhadap sesuatu, berikut penyebab dan jenis-jenis fobia

Senin, 18 Januari 2021 | 20:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ketakutan ekstrem terhadap sesuatu, berikut penyebab dan jenis-jenis fobia

KONTAN.CO.ID - Takut divaksin karena jarum suntik? Bisa saja Anda memiliki fobia jarum suntik atau trypanophobia

Beberapa orang memiliki fobia terhadap jarum suntik, tetapi sebagian lagi memiliki fobia pada hal-hal lain. 

Apa itu fobia dan mengapa seseorang bisa memilikinya? Fobia, bersumber dari Healthline, adalah reaksi berlebihan akibat ketakutan terhadap sesuatu. 

Saat memiliki fobia, seseorang akan memiliki rasa ketakutan yang ekstrem saat bertemu atau melihat hal yang ditakuti. Fobia biasanya berhubungan dengan hal-hal yang spesifik, seperti tempat, benda, atau situasi. 

Terkadang, reaksi fobia bisa membuat orang di sekitar menjadi terganggu. Namun, penderita fobia tidak bisa melakukan apapun untuk mengatasi ketakutannya. 

Baca Juga: Mengenal TBC, penyakit pernapasan yang tak kalah menakutkan dari Covid-19

Penyebab fobia

Fobia bisa disebabkan oleh pengalaman yang traumatis saat masih anak-anak. Contohnya, tidak sengaja terjatuh dari tangga atau tempat yang tinggi saat masih kecil.

Pengalaman ini bisa menimbulkan fobia pada tempat tinggi atau acrophobia

Pengalaman masa kecil juga bisa disebabkan oleh lingkungan, seperti hewan atau gigitan serangga. Kejadian seperti kecelakaan atau melihat kekerasan dan depresi bisa menyebabkan seseorang mengalami fobia tertentu. 

Selain pengalaman masa kecil, mengutip dari Medical News Today, fobia bisa muncul akibat hormon otak dan genetik. Seseorang yang menderita fobia bisa saja tidak mengalami kejadian tertentu secara langsung. 

Seseorang bisa mengalami fobia terhadap darah, misalnya, karena melihat kecelakaan saat korban mengeluarkan darah sangat banyak. 

Baca Juga: Penyebab benjolan di punggung ini perlu Anda waspadai

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru