kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenapa ibu hamil disarankan olahraga jalan kaki? Ini alasannya


Kamis, 10 Desember 2020 / 04:15 WIB
Kenapa ibu hamil disarankan olahraga jalan kaki? Ini alasannya


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Menjaga kesehatan selama hamil adalah hal penting yang harus dilakukan oleh calon ibu. Ibu hamil mungkin tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat. Meski demikian, ibu hamil tetap bisa melakukan aktvitas fisik ringan agar tetap sehat. 

Jalan kaki menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Selain itu, jalan kaki ternyata juga bermanfaat banyak bagi ibu hamil.

Manfaat jalan kaki untuk bumil


Manfaat jalan kaki untuk bumil

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut 3 manfaat jalan kaki bagi bumil atau ibu hamil: 

1. Meningkatkan Stamina

Berjalan kaki secara rutin setiap hari akan membantu melatih otot tubuh menjadi lebih rileks dan elastis. Hal itu membuat ibu hamil tidak mudah lelah dan tetap aktif dalam segala suasana saat masa kehamilan.

Baca Juga: Ini waktu berjemur terbaik di bawah sinar matahari, jangan sampai salah!

2. Mengurangi risiko keguguran

Manfaat jalan kaki untuk bumil yang kedua adalah dapat memperkuat rahim. Berjalan kaki di pagi hari, atau di lingkungan yang terhindar dari polusi udara. 

Oksigen yang dihirup akan dialirkan menuju plasenta bayi, sehingga mendukung pertumbuhan janin dan juga berguna untuk memperkuat rahim. Berjalan kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot yang digunakan selama kehamilan.

Jalan kaki di kehamilan trimester akhir bisa dilakukan kapan saja, tidak harus di pagi hari. Hal yang paling pengting, ibu hamil merasa senang dan nyaman saat melakukannya. 

3. Melancarkan Proses Persalinan

Manfaat jalan kaki untuk bumil yang ketiga adalah dapat memperlancar proses persalinan. Saat jalan kaki, seluruh otot panggul dan rahim akan menjadi lebih rileks. 

Kondisi ini akan sangat membantu membuka jalan lahir, sehingga memungkinkan ibu hamil melahirkan secara normal dan pemulihan pasca-persalinan juga menjadi lebih cepat.

Selanjutnya: Cukup sebulan, cara ini bisa menghilangkan lemak berlebih di perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×