Produk dan Layanan

Kenapa antibiotik harus dihabiskan? Yuk kenali manfaat antibiotik

Rabu, 25 November 2020 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Kenapa antibiotik harus dihabiskan? Yuk kenali manfaat antibiotik


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sering kali, dokter memberi resep obat antibiotik untuk pasien dengan penyakit tertentu. Selain itu, dokter juga meminta antibiotik harus dihabiskan, apa alasannya?

Antibiotik adalah obat untuk membantu menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini bekerja dengan cara membasmi bakteri atau mencegah bakteri merebak dengan berkembang biak di dalam tubuh.

Dengan pertimbangan manfaat antibiotik, dunia kesehatan menjuluki obat ini sebagai obat antibakteri. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat antibiotik dan penggunaannya.

Manfaat antibiotik

Melansir WebMD, menilik sejarahnya, obat antibiotik mulai tersedia di sejumlah negara pada 1940-an silam. Sebelum ilmuwan menemukan obat ini, banyak orang meninggal dunia karena penyakit infeksi bakteri ringan seperti radang tenggorokan. Sebagian besar bakteri sebenarnya bisa hidup di dalam tubuh dan tidak membahayakan kesehatan.

Bahkan ada beberapa jenis yang membantu kinerja tubuh. Namun, sebagian bakteri jahat dapat menginfeksi organ tubuh. Obat antiobik dapat memberi manfaat berupa membantu tubuh melawan infeksi bakteri jenis tertentu dan bisa menyelamatkan nyawa apabila digunakan dengan benar.

Baca juga: Lelang mobil dinas Nissan Grand Livina harga pembukaan hanya Rp 35 jutaan

Dilansir dari Medical News Today, sistem daya tahan tubuh kita idealnya dirancang mampu melawan bakteri sebelum kuman ini berkembang biak dan menimbulkan gejala penyakit. Namun, ada kalanya jumlah bakteri berbahaya terlalu banyak, sehingga sistem daya tahan tubuh kewalahan. Dalam kondisi ini, tubuh memerlukan antibiotik.

Manfaat antibiotik selama ini terbukti membantu mengatasi penyakit atau gangguan kesehatan seperti:

  • Infeksi telinga dan sinus
  • Infeksi gigi
  • Infeksi kulit
  • Meningitis atau radang selaput otak
  • Radang tenggorokan
  • Infeksi kandung kemih dan ginjal
  • Pnemonia karena infeksi bakteri
  • Batuk rejan

Manfaat antibiotik hanya digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Antibiotik tidak bisa mengobati infeksi virus seperti flu, pilek, sebagian batuk, infeksi bronkitis, sakit perut, dll.

Sebelum meresepkan obat antibiotik, dokter biasanya melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab pasti penyakit terkait bakteri. Di beberapa kasus, tenaga kesehatan profesional juga memberikan antibiotik untuk pencegahan infeksi, salah satunya sebelum operasi.

Pemberian antibiotik untuk profilaksis ini biasanya direkomendasikan sebelum operasi usus dan ortopedi.

Halaman selanjutnya: Kenapa antibiotik harus dihabiskan?

Editor: Adi Wikanto


Terbaru