kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Manfaat Musik bagi Kesehatan Tubuh, Selain Menenangkan Pikiran


Senin, 21 Maret 2022 / 14:37 WIB
Kenali Manfaat Musik bagi Kesehatan Tubuh, Selain Menenangkan Pikiran
ILUSTRASI. Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Musik dipercaya mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya, bisa menenangkan pikiran dan menjauhkan stres.

Mneurut American Music Therapy Association, terapi menggunakan musik merupakan intervensi musik secara klinis dan didasarkan dengan pembuktian oleh seseorang berstandar profesional yang telah dengan sah menyelesaikan program musik terapi.

Selain bagi kesehatan, musik juga memiliki manfaat lain, yakni bisa meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan kegiatan.

Merangkum dari Get Healty, berikut adalah manfaat musik dan fungsinya bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Musik untuk penyembuhan

Mendengarkan musik terbukti dapat meredakan rasa sakit yang kronis, seperti pasca operasi atau melahirkan. Dengan musik, seseorang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan endorfin atau hormon kenikmatan sehingga meredakan rasa nyeri tersebut.

Selain itu, musik memiliki manfaat lain yaitu menurunkan tekanan darah dan merelaksasi jantung. Musik juga dapat membantu penderita migrain serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Hipertensi yang Perlu Anda Waspadai, Hati-Hati!

2. Meningkatkan kinerja fisik

Irama musik juga bermanfaat untuk membantu anda lebih mudah untuk bergerak, seperti menari. Dengan mendengarkan musik, Anda bisa mengurangi rasa lelah, meningkatkan gairah psikologis, dan mengurangi ketegangan otot.

3. Meningkatkan produktivitas kerja

Mendengarkan musik dengan tempo cepat terbukti dapat meningkatkan energi. Musik secara efektif bisa menghilangkan rasa lelah dan membakar semangat seseorang.

Saat bekerja, tidak ada salahnya mendengarkan musik asalkan konsentrasi tetap terjaga. Pasalnya, sebagian orang justru akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan saat dibarengi dengan musik karena bisa menjadi semangat tambahan tersendiri.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

4. Menenangkan pikiran

Selain dapat menambah semangat seseorang, mendengarkan musik juga terbukti bisa menenangkan pikiran. Soalnya, dengan mendengarkan musik tertentu, dapat menurunkan berbagai aktivitas saraf, jantung dan pernafasan.

Sehingga, dengan mendengarkan musik, Anda akan merasa lebih tenang dan beristirahat dengan rileks, khususnya saat tidur.

Selain itu, mendengarkan musik dengan tempo lambat terbukti dapat mengurangi stres. Sebab, saat mendengarkan musik dengan tempo lambat akan mengurangi emosi negatif sehingga membuat perasaan menjadi lebih santai dan tenang.

Itulah beberapa manfaat musik bagi kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×