kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,84   8,24   0.83%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Mungkin Pernah Anda Alami


Rabu, 05 Oktober 2022 / 14:09 WIB
Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Mungkin Pernah Anda Alami
ILUSTRASI. Gejala asam lambung naik


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik adalah gangguan kesehatan yang tak boleh dianggap remeh. Ada beberapa gejala asam lambung naik yang perlu Anda waspadai.

Kondisi asam lambung naik bisa dialami oleh semua orang, khususnya yang mempunyai masalah pencernaan memiliki risiko lebih tinggi. 

Tinggi atau rendahnya asam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor utama yang mempengaruhi asam lambung naik adalah hormon gastrin alias hormon yang merasang keluarnya asam lambung.

Baca Juga: 5 Gejala Anemia yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Waspada!

Merangkum dari Healthline, terdapat beberapa gejala asam lambung yang perlu Anda ketahui agar dapat mengantisiasi dan mengetahui kondisi kesehatan Anda. 

1. Heartburn

Gejala asam lambung naik yang pertama adalah heartburn atay dada terasa panas. Hal tersebut dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas bahkan terkadang terasa seperti terbakar. 

2. Mulut Terasa Asam 

Selain dada yang terasa panas, gejala asam lambung naik lainnya adalah mulut terasa asam. Selain itu, ditenggorokan juga mungkin cenderung terasa panas. 

3. Regurgitasi 

Selanjutnya regurgitasi yang juga merupakan salah satu gejala naiknya asam lambung. Regurgitasi adalah kondisi dimana seperti ingin muntah yang dikarenakan cairan dilambung naik bergerak ke atas.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi, Ada yang Anda Alami?

4. Sulit Menelan 

Selain tenggorokan terasa panas, Sulit menelan menjadi gejala asam lambung naik lainnya. Jika tenggorokan Anda sudah terasa sulit menelan atau bahkan sakit disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

5. Dispepsia

Dispepsia adalah kondisi dimana perut terasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan. Dispepsia merupakan gejala umum asam lambung naik yang juga ditandai dengan perut kembung, mual hingga sering sendawa. 

6. Sesak Napas 

Gejala asam lambung naik selanjutnya adalah sesak napas. Kondisi ini cukup parah dan dapat berdampak kurang baik bagi pengidap asam atau masalah pernapasan lainnya. 

Baca Juga: Prediksi Man City vs Copenhangen dan Jadwal Liga Champions, Live Pukul 02.00 WIB

7. Batuk Kering

Batuk kering merupakan gejala asam lambung yang terakhir versi Healthline. Batuk kering juga biasanya disertai dengan tenggorokan yang terasa panas atau sakit. 

Jika Anda mengalami gejala di atas disarankan untuk segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan segera mengatahui gejala tersebut sebelum kondisi semakin parah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×