kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Manfaat Penggunaan Retinol untuk Kesehatan Kulit


Minggu, 07 Agustus 2022 / 09:30 WIB
Kenali 5 Manfaat Penggunaan Retinol untuk Kesehatan Kulit


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Retinol menjadi salah satu bahan perawat kulit yang cukup populer. Namun, tahukah Anda manfaat penggunaan retinol untuk kesehatan kulit?

Pada dasarnya, retinol adalah bahan aktif yang merupakan turunan dari vitamin A. Oleh sebab itu, tak heran penggunaan retinol mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Dilansir dari The Skin Spot, retinol pertama kali disetujui pada 1970-an untuk digunakan pada pasien jerawat. Ini membantu meningkatkan pergantian sel dan mencegah penyumbatan pori-pori.

Baca Juga: Pakai Savefrom untuk Download Foto Instagram dengan Mudah, Cepat Lagi Gratis

Meski demikian, penggunaan retinol tak boleh berlebihan. Pasalnya, retinol bisa juga memberikan efek samping tidak baik untuk kesehatan kulit jika dipakai berlebih. Contohnya, iritasi kulit, jerawat, hingga kulit terasa terbakar.

Lantas apa saja manfaat retinol? Melansir dari The Skin Spot, berikut beberapa manfaat retinol yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Membersihkan jerawat

Salah manfaat penggunaan retinol adalah mampu membersihkan jerawat di kulit wajah. Retinol mampu membuka pori-pori dan membersihkan kulit serta mencegah munculnya kembali jerawat. 

Selain itu, retinol juga mampu menghilangkan bekas jerawat jika digunakan secara rutin.

Baca Juga: SSSTikTok Situs Mudah Tinggal Tempel Link Untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark

Mencegah tanda-tanda penuaan

Selain membersihkan jerawat, retinol juga mempunyai manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Retinol adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk anti-penuaan dan cukup populer di pasaran.

Meratakan warna kulit

Salah satu dari banyak aspek penting dari retinol adalah merangsang pergantian sel kulit yang dimanifestasikan sebagai semacam efek "pengelupasan". 

Hal tersebut membuat kulit kusam dan kering membuka jalan bagi kulit baru, lebih cerah, dan lebih merata, dipersenjatai dengan peningkatan kadar kolagen dan elastin berkat retinol.

Alhasil, penggunaan retinol membuat kulit yang lebih tebal lebih kuat, lebih halus dan meratakan warna kulit.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Gula Darah, Kenali 5 Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Perawatan kulit yang hemat biaya

Retinol adalah salah satu bahan untuk perawat kulit yang relatif banyak dijual di pasaran dalam berbagai produk. Ini menjadi solusi jangka pendek untuk menghemat biaya sesambil masih dapat melakukan perawatan maupun mengatasi berbagai masalah kulit.

Melembapkan kulit

Mengutip dari Healthline, selain dapat meratakan warna kulit, retinol juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih kenyal dan lembap. Ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai masalah kulit kering.

Meski retinol mempunyai banyak manfaat yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping dan memaksimal manfaat yang bisa didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×