Tips Sehat

Kenali 5 jenis teh yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

Selasa, 22 Juni 2021 | 13:14 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kenali 5 jenis teh yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

ILUSTRASI. Teh hijau

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi bisa diobati dengan mengonsumsi obat herbal. Ini 5 jenis teh yang bisa membantu menurunkan asam urat tinggi. 

Asam urat, salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan. 

Baca Juga: Minum cuka apel bisa membantu menurunkan asam urat tinggi

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

Teh penurun asam urat tinggi 

Ada cukup banyak bahan herbal yang bisa mengobati asam urat tinggi. Berikut 5 jenis teh herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin. 

1. Teh secang 

Mengutip dari buku Toga Indonesia karya, secang mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak asiri. Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus.

Untuk membuat obat herbal untuk asam cukup mudah. Ini resep ramuan secang untuk asam urat yang dikutip dari Klik Dokter.  Anda  sediakan 5 gram serutan kayu secang dan air 500 ml. 

Anda rebus kayu secang sekitar 20 menit setelah itu dinginkan. Anda minum air rebusan kayu secang dua kali sehari. 

2. Teh hijau 

Melansir dari Grid.id, teh hijau mengandung antioksidan, vitamin B, asam folat, mangan, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan. 

Antioksidan dalam teh hijau membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, teh hijau memiliki efek farmakologis antiinflamansi yang bisa mengendalikan kadar asam urat. 

3. Teh daun ekor kuda 

Daun ekor kuda kerap digunakan dalam dunia pengobatan alami. Mengutip dari Tribunnews.com, teh daun ekor kuda bersifat diuretik alias peluruh kencing. 

Sifat farmakologis tersebut membantu membuang kelebihan asam urat melalui urine. 

4. Teh daun salam 

Daun salam mengandung vitamin C, A, asam folat, tembaga, selenium, besi, mangan, magnesium, potasium, dan kalsium. 

Minum teh daun salam dua kali sehari bisa menurunkan kadar asam urat tinggi. 

5. Teh daun sirsak 

Mengutip dari jurnal Efek Pemberian Infusa Daun Sirsak terhadap penurunan Kadar Asam Urat Darah, daun sirsak mengandung fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B. 

Tidak hanya itu daun sirsak mengandung flavonoid (antioksidan tinggi) yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase. 

Sekedar info enzim xhantine oxidase berperan dalam perubahan hypoxhantine menjadi xhantine, lalu menjadi asam urat. 

Anda rebus 10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air sampai mendidih. Anda tunggu sampai air rebusan daun sirsak tersisa 1/3. 

Anda dinginkan lalu minum sampai habis. Anda bisa minum rebusan daun sirsak tersebut setiap pagi agar cepat menurunkan kadar asam urat. 

Anda bisa memilih salah satu jeis teh di atas untuk dikonsumsi secara rutin. Selama masa pengobatan, ada baiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. 

Baca Juga: Cabai jawa bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat tinggi

Selanjutnya: Teh daun salam dengan kayu manis bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru