kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkes Beberkan 11 Ciri-Ciri Kolesterol di Tubuh Tinggi yang Harus Diwaspadai


Sabtu, 04 Februari 2023 / 04:15 WIB
Kemenkes Beberkan 11 Ciri-Ciri Kolesterol di Tubuh Tinggi yang Harus Diwaspadai


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang harus mendapat perhatian penting, karena bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia. 

Apa yang dimaksud dengan kolesterol?

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, kolesterol merupakan zat lemak seperti lilin yang berada dalam tubuh manusia dan juga dapat ditemukan pada banyak makanan. 

Asal tahu saja, tubuh memang memerlukan kolesterol. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Kolesterol sebagian besar dibuat sendiri oleh tubuh terutama di jaringan hati. Sebagian lagi diperoleh dari makanan  yang kita konsumsi sehari-hari. 

Nah, masalahnya, jika berlebih, kolesterol dapat menumpuk dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut sebagai aterosklerosis yakni penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Oleh karenanya, kita harus mewaspadai sejumlah gejala yang menandakan tingkat kolesterol dalam tubuh kita sudah tinggi. Apa saja?

Baca Juga: Mau Menurunkan Kolesterol? Ada 10 Cara yang Bisa Dilakukan

11 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Mengutip situs Kementerian Kesehatan RI, Berikut adalah beberapa gejala kolesterol tinggi :

1. Xanthoma

Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil (papula). Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Selain akibat kadar kolesterol yang tinggi, xanthoma juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti diabetes, hipotiroidisme, kolestasis, sindrom nefrotik, dan penyakit hematologi.

2. Kesemutan

Sering merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada syaraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Secara umum, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh kolesterol.

3. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal? Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

4. Mudah Mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, Anda patut curiga karena bisa jadi, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi sehingga pasokan oksigen menuju otak tidak optimal.

5. Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.




TERBARU

[X]
×