Kelebihan Berat Badan, Waspada 6 Penyebab Hipertensi Ini

Kamis, 14 April 2022 | 14:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kelebihan Berat Badan, Waspada 6 Penyebab Hipertensi Ini

ILUSTRASI. Penyebab hipertensi.


KONTAN.CO.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang. Penyebab hipertensi biasanya didorong dan dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat. 

Selain itu, hipertensi juga tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, hipertensi bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, salah satunya, serangan jantung. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lakukanlah pengecekan tekanan darah secara rutin untuk menghindari hipertensi. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan?

Melansir dari UCSF Health, berikut beberapa penyebab hipertensi yang perlu Anda waspadai: 

Kelebihan berat badan 

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, Anda perlu hati-hati. Soalnya, kelebihan berat badan dan obesitas bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi serta memiliki risiko terkena penyakit serius lainnya. 

Kekurangan kalium 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan tubuh kekurangan kalium. Untuk itu, perbanyak asupan kalium agar tekanan darah kembali stabil. 

Kekurangan vitamin D 

Selain kalium, kekurangan vitamin D juga bisa menjadi penyebab hipertensi. Soalnya, tubuh yang kekurangan vitamin D sangat rentan terkena hipertensi. Untuk itu, coba konsumsi makanan atau suplemen vitamin D. 

Baca Juga: Cari Obat Diabetes? Coba 5 Bahan Alami Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol 

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi, lo. Pasalnya, mengonsumsi alkohol bisa membuat pembuluh darah menjadi tegang sehingga dapat meningkatkan tekanan darah pula. 

Kurang melakukan aktivitas fisik 

Penyebab hipertensi selanjutnya adalah tubuh kurang banyak melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mulai berolahraga. Contohnya, bisa mulai berjalan kaki selama 30 menit per hari. 

Terlalu banyak konsumsi garam 

Selain alkohol, Anda juga jangan terlalu banyak mengonsumsi garam. Sebab, bisa menjadi penyebab hipertensi atau meningkatkan tekanan darah. Biasanya, garam tinggi terkandung dalam makanan cepat saji atau fast food. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru