Kesehatan Umum

Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat brokoli yang bisa dirasakan tubuh Anda

Kamis, 19 November 2020 | 10:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat brokoli yang bisa dirasakan tubuh Anda

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat brokoli saat mengonsumsinya secara rutin.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat brokoli yang bisa dirasakan tubuh. Hal itu disebabkan karena banyaknya vitamin, mineral, dan antioksidan di dalam brokoli. Berikut ini manfaat dari brokoli yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Mengandung Banyak Antioksidan

Antioksidan merupakan kandungan dalam brokoli yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa fungsi tersebut berpengaruh pada kesehatan tubuh secara kesulitan.

Salah satu jenis antioksidan dalam brokoli yang bernama sulforaphane memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari mengurangi jumlah gula darah, kolesterol, stres oksidatif, dan memperlambat proses perkembangan penyakit kronis.

Mengurangi Peradangan

Manfaat brokoli lainnya adalah mampu mengurangi peradangan dalam tubuh karena adanya kandungan senyawa bioaktif. Penelitian yang melibatkan perokok aktif menunjukkan bahwa brokoli efektif mengurangi inflamasi.

Baca Juga: 13 makanan yang mudah didapatkan untuk bantu penderita diabetes turunkan gula darah

Mengontrol Gula Darah

Apakah Anda memiliki jumlah gula darah berlebih? Jika iya, mengonsumsi brokoli secara rutin bisa jadi cara untuk mengatasi masalah itu. Artinya, jenis sayur ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kondisi kesehatannya tetap terjaga.

Menariknya, penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan menunjukkan bahwa brokoli juga mampu mengurangi kerusakan sel di pankreas. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung banyak serat sehingga gula darah jadi lebih terkontrol.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat brokoli adalah untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengutip dari Healthline, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa brokoli mampu menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara. Brokoli mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan trigliserida yang jadi faktor utama penyakit jantung.

Tak hanya itu, mengonsumsi brokoli secara rutin juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik yang berguna untuk kesehatan tubuh. Fungsi tersebut semakin maksimal karena adanya antioksidan dan serat tinggi dalam brokoli.

Baca Juga: Ternyata, sayur kubis ampuh cegah penyakit kanker

Mengatasi Sembelit

Selain manfaat brokoli yang telah disebutkan, ada kegunaan lain yang bisa Anda dapat dari sayuran hijau ini. Bakteri baik dalam sistem pencernaan dan buang air besar semakin lancar karena banyaknya kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli.

Artinya, resiko terkena sembelit akan berkurang dan sistem pencernaan Anda akan lebih sehat. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hasil tersebut.

Selanjutnya: 4 Cara menurunkan kolesterol secara alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru