kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya nutrisi, ini 5 manfaat jagung yang bisa Anda dapat


Senin, 08 Februari 2021 / 08:14 WIB
Kaya nutrisi, ini 5 manfaat jagung yang bisa Anda dapat
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat jagung yang bisa Anda dapatkan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mendapat manfaat jagung dengan mengonsumsinya secara rutin. Nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti kalori, serat, dan antioksidan, berguna untuk metabolisme dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengutip dari Organic Facts (organicfacts.net), jagung memiliki banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari zinc, mangan, magnesium, kalium, fosfor dan lain sebagainya. Magnesium berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengontrol detak jantung.

Sedangkan fosfor berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Tentu saja kandungan nutrisi yang lain berfungsi untuk mengoptimalkan kerja sistem dan organ tubuh yang lain. Untuk merasakan khasiat jagung, jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Mencegah Sembelit

Dengan mengonsumsi jagung, Anda bisa memenuhi 18.4% kebutuhan serat harian Anda. Artinya, makan jagung bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Risiko Anda mengalami sembelit dan wasir menurun karena kebutuhan serat terpenuhi.

Baca Juga: Bisa cegah anemia dan osteoporosis, ini 5 manfaat jengkol

Menambah Berat Badan

Jika Anda ingin menambah berat badan, cobalah untuk mengonsumsi jagung secara rutin. Anda bisa mendapat 96 kalori dengan mengonsumsi 100 g jagung. Angka tersebut menunjukkan bahwa bahan makanan tersebut cocok digunakan untuk menambah berat badan Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jagung berguna untuk kesehatan jantung Anda.

Manfaat jagung selanjutnya yang bisa Anda dapat adalah kesehatan jantung terjaga. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam jagung berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol sehingga berbagai macam risiko penyakit kardiovaskular pun berkurang.

Saat jumlah kolesterol dalam tubuh berkurang, pembuluh darah arteri menjadi tidak mudah tersumbat. Tekanan darah juga jadi lebih terkontrol dan risiko serangan jantung dapat Anda hindari. Tidak hanya itu, kandungan dalam jagung dapat pula melawan serangan radikal bebas penyebab penyakit.

Baca Juga: ​4 Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil dan bahayanya

Baik untuk Mata dan Kulit

Jagung mengandung banyak vitamin A yang bisa berubah menjadi berbagai macam bentuk, seperti beta karoten dan karotenoid. Organic Facts mengatakan bahwa betakaroten berguna untuk kesehatan mata dan kulit. Sedangkan karotenoid berperan sebagai antioksidan yang baik untuk sistem imun tubuh.

Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Manfaat jagung lainnya juga bisa dimanfaatkan oleh penderita diabetes. Kandungan dalam jagung mampu mengontrol penyerapan dan produksi insulin sehingga jumlah gula darah dalam tubuh pun bisa lebih terjaga.

Selanjutnya: Ini makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi para penderita asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×