kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Positif Bertambah Jadi 68 Orang, Ini Masker untuk Cegah Covid-19 Omicron


Kamis, 30 Desember 2021 / 06:52 WIB
Kasus Positif Bertambah Jadi 68 Orang, Ini Masker untuk Cegah Covid-19 Omicron
ILUSTRASI. Kasus Positif Bertambah Jadi 68 Orang, Ini Masker untuk Cegah Covid-19 Omicron


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kementerian Kesehatan mengumumkan jumlah kasus positif Covid-19 Omicron di Indonesia kembali bertambah. Bahkan, penularan Covid-19 di tingkat lokal pun sudah terjadi. Untuk mencegah Covid-19 Omicron, masyarakat digunakan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker.

Namun tidak semua masker bisa mencegah penularan Covid-19 Omicron. Hasil penelitian menyebutkan hanya ada tiga masker yang efektif untuk mencegah Covid-19 Omicron. Apa saja?

Dilansir dari Kompas.com, pakar penyakit menular Steven Gordon mengatakan bahwa masker dapat menghalangi embusan partikel virus ke udara di sekitar Anda, yang membantu mencegah penyebaran virus. Selain itu, masker juga bisa menjadi penghalang keluarnya droplet saat Anda batuk atau bersin.

"Tapi, masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari paparan virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omnicorn," ucap dia.

Untuk memberikan perlindungan terbaik dari varian Omnicorn, Anda harus memilih masker dengan tingkat filtrasi tinggi yang pas dengan wajah Anda. “Anda harus memastikan bahwa area mulut dan hidung Anda tertutupo dengan baik," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron

Berikut rekomendasi jenis masker yang efektif mencegah Covid-19 varian Omnicorn:

1. N95

Rekomendasi pertama masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker N95. Masker ini, yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, memiliki bentuk yang sangat pas dengan wajah Anda.

Masker ini dilengkapi dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan. Masker N95 sangat efisien dalam menyaringan udara. Jenis masker ini mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

2. KN95

Rekomendasi kedua masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KN95. Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah Anda. Bentuk maske KN95 dapat membentuk lekukan kecil di atas mulut dan hidung Anda yang membuat Anda lebih mudah bernapas saat memakainya. Masker KN95 juga mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

3. KF94

Rekomendasi ketiga masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KF94. Bentuk masker KF94 mirip dengan KN95. Jenis masker ini juga mampu menyaring sekitar 94 persen partikel di udara.

Sebelumnya, Kemenkes mengumumkan kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia pada Rabu (29/12) bertambah 21 orang. Sehingga sampai saat ini jumlah kasus positif Covid-19 Omicron ada 68 orang.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan 21 kasus baru Omicron itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Jumlah pasien Covid-19 Omicron terdiri dari 16 WNI dan 5 WNA.

Negara kedatangan paling banyak adalah Arab Saudi, dan Turki. Sampai saat ini kasus Covid-19 Omicron di Indonesia kebanyakan dari pelaku perjalanan luar negeri.

''Adanya kasus Omicron Indonesia karena adanya perjalanan dari beberapa negara seperti Arab Saudi dan Turki, sehingga masyarakat diimbau untuk mempertimbangkan berlibur ke sana,'' kata Nadia dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Omicron di Luar Kendali, Infeksi Global Covid Tembus Rekor Tertinggi 7 Hari Terakhir

Pengetatan di pintu masuk negara terus dilakukan, terutama di perbatasan laut, dan darat untuk mencegah penularan Covid-19 Omicron. Positivity rate di pintu masuk laut dan darat 10 kali lebih tinggi daripada di udara.

Nadia mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 Omicron. ''Kesadaran diri dan menahan keinginan berpergian harus dilakukan. Saya meminta masyarakat untuk bekerja sama mencegah penularan virus COVID-19 dengan menahan diri tidak bepergian,'' ucapnya.

Itulah rekomendasi masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron. Selain menjalankan protokol kesehatan, jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 karena efektif mengurangi tingkat keparahan akibat virus corona semua varian.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×