Covid-19

Kasus Covid-19 meledak lagi, makan 7 buah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sabtu, 19 Juni 2021 | 08:20 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus Covid-19 meledak lagi, makan 7 buah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

ILUSTRASI. Kasus Covid-19 meledak lagi, makan 7 buah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus penambahan Covid-19 kembali tak terkendali. Bahkan, jumlah kasus baru positif Covid-19 harian pada Juni 2021 kembali di atas 10.000. Tingkatkan daya tahan tubuh untuk menjaga imunitas agar tidak tertular virus corona penyebab Covid-19. Namun jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 5M.

Melansir data Satgas Covid-19, pada Jumat (18/6) ada tambahan 12.990 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.963.266 kasus positif Covid-19.

Pada Kamis (17/6) ada tambahan 12.624 kasus baru positif virus Covid-19. Sehari sebelumnya, yakni pada Rabu (16/6), tambahan kasus positif Covid-19 juga banyak, mencapai 9.944 orang.

Di tengah lonjakan kasus positif Covid-19, masyarakat harus meningkatkan daya tahan tubuh dan menjalankan protokol kesehatan. Sejumlah buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas untuk melawan penyakit dan virus corona.

Sistem daya tahan tubuh akan bekerja melindungi badan dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, sistem daya tahan tubuh penting untuk terus dijaga agar kita bisa terhindar dari kemungkinan terjangkit atau tertular penyakit.

Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Berikut ini adalah beragam buah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19:

1. Cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan buah Jeruk

Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Melansir Health Line, vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah-buahan jeruk, seperti buah jeruk biasa, jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C.

Misalnya, satu buah jeruk biasa berukuran sedang bisa menyediakan 70 mg vitamin C yang merupakan sekitar 78 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, yakni 75 mg untuk wanita da 90 mg untuk pria. Sementara, setengah jeruk bali dapat mengandung 44 mg atau 73 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian, dan sari satu buah jeruk nipis bisa menyediakan 13 mg vitamin C atau 22 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, seseorang memerlukan asupan vitamin C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan. Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari.

Baca juga: Cara mudah mencegah penularan virus corona di tengah ledakan kasus Covid-19

Simak daftar buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru