kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 B.1.1.7 bertambah, ini vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh


Rabu, 10 Maret 2021 / 10:25 WIB
Kasus Covid-19 B.1.1.7 bertambah, ini vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
ILUSTRASI. Kasus Covid-19 B.1.1.7 bertambah, ini vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Kontan/Panji Indra)


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 hasil mutasi kembali bertambah. Menerapkan protokol kesehatan adalah cara terbaik mencegah Covid-19 di tengah virus corona yang bermutasi. Selain itu, masyarakat harus meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat agar tidak gampang sakit.

Awal Maret 2021, Kementerian Kesehatan menyebut ada kasus Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 yang dibawa oleh TKW. Terbaru, mutasi virus corona B.1.1.7 telah ditemukan dalam sampel yang dianalisis dari empat provinsi, salah satunya DKI Jakarta.

Selain itu, kasus Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 juga ditemukan di sampel dari Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Masing-masing wilayah memiliki satu sampel positif Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7.

Di tengah kedatangan virus corona B.1.1.7, masyarakat harus tetap harus menjaga protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19.

Sejumlah vitamin bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19. Kita dapat memperoleh vitamin C, D, K, atau seng (zinc) dari suplemen, makanan utuh, atau paparan sinar matahari.

Studi terbaru menunjukkan, melengkapi tubuh dengan vitamin dan mineral esensial dapat meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu melawan Covid-19.

Berikut beberapa vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19:

1. Vitamin K

Vitamin K dikenal karena fungsinya terhadap kesehatan kardiovaskular, tetapi para peneliti menemukan vitamin ini juga bermanfaat untuk mengobati Covid-19. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Bispebjerg Hospital di Denmark mengungkap bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 memiliki kadar vitamin K yang rendah.

Sebagai catatan, kekurangan vitamin K adalah salah satu faktor yang dapat memprediksi tingkat kematian lebih tinggi pada pasien Covid-19. Di samping itu, masalah utama pasien Covid-19 adalah gagal bernapas, namun hasil lain yang dicatat adalah trombosis atau pembentukan gumpalan darah.

Sebuah studi dari para peneliti di Canisius Wilhelmina Hospital di Belanda menunjukkan, tingkat vitamin K yang optimal berperan dalam pencegahan penggumpalan darah dan kesehatan paru-paru. Studi tersebut menunjukkan, dengan meningkatkan asupan vitamin K, maka pasien bisa hidup lebih baik saat melawan Covid-19.

Baca juga: 6 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

2. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu memperkuat tulang serta memainkan peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan Covid-19. Surat terbuka yang ditandatangani lebih dari 100 pakar sains, kesehatan, dan medis mengklaim, asupan vitamin D dapat menurunkan infeksi Covid-19, rawat inap, dan kematian karena virus tersebut.

Para ahli menjelaskan, kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan penurunan respons imun. Oleh karena itu, meningkatkan kadar vitamin D terutama pada kelompok yang berisiko tinggi dapat mengurangi kematian terkait Covid-19.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×