Covid-19

Kasus corona meledak, kenali tanda long covid yang bisa mengganggu kesehatan

Kamis, 17 Juni 2021 | 15:44 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus corona meledak, kenali tanda long covid yang bisa mengganggu kesehatan

ILUSTRASI. Kasus corona meledak, kenali tanda long covid yang bisa mengganggu kesehatan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali meningkat pesat. Waspadai jika Anda mengalami long Covid. Simak sejumlah tanda long covid berikut ini.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Rabu (16/6) ada tambahan 9.944 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.937.652 kasus positif Corona. Pada Minggu 13 Juni 2021, penambahan kasus Covid-19 juga mendekati 10.000, tepatnya 9.868 kasus.

Seperti diketahui, Covid-19 menimbulkan beberapa gejala lanjutan --atau yang kita kenal dengan long covid-- setelah para penyintas dinyatakan negatif. Dalam sebuah studi baru di Amerika Serikat, sebanyak 23 persen penyintas Covid-19 kembali mencari perawatan medis karena long covid, setidaknya 30 hari pasca infeksi.

Menurut temuan itu, long covid berdampak pada pria dan wanita dari segala usia, termasuk anak-anak dan bahkan orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus corona. Kendati demikian, gejala dari long covid ini juga berbeda-beda tiap orang.

Ada yang mungkin tidak mengetahui kalau dirinya sedang mengalami long covid setelah negatif dari Covid-19. Oleh sebab itu, simak beberapa tanda long covid yang mungkin tidak kita ketahui, seperti berikut ini.

1. Rasa nyeri

Tanda pertama mengalami long covid adalah rasa nyeri. Masalah paling umum yang dilaporkan oleh orang-orang yang mengalami long covid adalah rasa nyeri.

Lebih dari 20 persen orang mengungkapkan bahwa mereka mengalami rasa nyeri yang terkait dengan saraf maupun otot setelah sembuh dari Covid-19. Peradangan yang menimbulkan nyeri pada saraf ini menjadi salah satu gejala yang harus diwaspadai dari long covid.

Baca juga: Kasus Covid-19 meledak, konsumsi sayuran ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

2. Kesulitan bernapas

Tanda kedua long covid adalah kesulitan bernafas. Banyak penyintas Covid-19 yang juga mengalami kesulitan bernapas, termasuk sesak napas. Hal ini merupakan manifestasi yang umum dari long covid. Ada sebanyak 3,5 persen penyintas Covid-19 yang mengalami gejala ini sebagai tanda long covid.

3. Kelelahan

Tanda ketiga long covid adalah kelelahan. Bagi para penyintas Covid-19 yang mulai mengalami rasa kelelahan, ini juga merupakan manifestasi umum dari long covid. Hampir 3 persen pasien yang mencari perawatan untuk long covid mengalami kelelahan yang buruk, baik secara fisik maupun mental hingga menimbulkan kabut otak.

Simak tanda long covid di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru