kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kanker usus besar bisa menjauh, empat cara ini perlu ditempuh


Senin, 17 Februari 2020 / 06:37 WIB
Kanker usus besar bisa menjauh, empat cara ini perlu ditempuh
ILUSTRASI. salad buah. KONTAN/Muradi/2017/11/02

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - Anda ingin berumur panjang dan terhindar dari ancaman kanker usus besar? Anda ikuti empat langkah menjaga kesehatan usus berikut ini.

Kanker kolorektal alias kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Sel kanker bisa menembus dinding usus dan menyebar ke organ lainnya seperti paru-paru dan hati.

Baca Juga: Rasa bahagia dan sejahtera mempercepat penyembuhan kanker, lo

Mengutip dari situs American Cancer Society, satu dari 23 laki-laki dan satu dari 25 perempuan beresiko terkena kanker kolorektal.

Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor mulai dari tumbuhnya polip di dalam dinding usus, diabetes, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Anda tidak inginkan terkena penyakit mengerikan ini. Maka, Anda sebaiknya mulai menjaga kesehatan usus dengan beberapa hal berikut ini.

Pertama, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan usus di rumah sakit. American cancer Society menyarankan laki-laki dan perempuan berusia 45 tahun sebaiknya mulai melakukan tes kesehatan ini. Sekedar info, rata-rata orang berusia di atas 40 tahun berisiko terkena kanker usus.  

Pemeriksaan ini bisa mendeteksi ada atau tidaknya polip yang tumbuh di area usus. Dengan begitu, dokter akan melakukan tindakan bila ditemukan polip yang tumbuh di dinding usus.

Baca Juga: Ini aktivitas sehari-hari untuk menurunkan risiko kanker

Kedua, Anda sebaiknya rutin mengkonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian. Makanan tersebut bisa menurunkan risiko penyakit kanker usus besar.

Bila Anda penggemar daging sebaiknya mulailah membatasi mengkonsumsi daging merah dan daging olahan. Penelitian menyebutkan daging merah berpotensi menaikkan risiko terkena kanker usus.

Ketiga, Anda sebaiknya olahraga secara teratur sehingga berat badan tetap terjaga. Hasil penelitian menyebutkan obesitas meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kolorektal.

Anda bisa berolahraga seminggu dua sampai tiga kali. Bila tidak sempat ke tempat gym, Anda bisa jogging, jalan kaki, atau bersepeda di taman.

Baca Juga: Mewarnai dan meluruskan rambut tingkatkan risiko kanker payudara

Keempat, stop merokok dan Anda kurangi konsumsi minuman beralkohol. Rokok dan alkohol mengandung zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, rokok dan alkohol bisa memicu munculnya kanker kolorektal di dalam tubuh Anda.

 

Sumber : American Cancer Society 


Tag


TERBARU

Close [X]
×